Liga Italia

Eks Juru Taktik Juventus dan Inter Milan, Marcello Lippi, Pensiun dari Dunia Kepelatihan

Jumat, 23 Oktober 2020 04:38 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© GETTY IMAGES
Marcello Lippi, mantan pelatih Juventus, Inter Milan, dan timnas Italia, menyatakan dirinya pensiun setelah menganggur sejak akhir tahun 2019 lalu. Copyright: © GETTY IMAGES
Marcello Lippi, mantan pelatih Juventus, Inter Milan, dan timnas Italia, menyatakan dirinya pensiun setelah menganggur sejak akhir tahun 2019 lalu.

INDOSPORT.COM Marcello Lippi, mantan pelatih Juventus, Inter Milan, dan timnas Italia, menyatakan dirinya pensiun setelah menganggur sejak akhir tahun 2019 lalu.

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola Italia. Marcello Lippi, pelatih legendaris yang sempat membesut Juventus dan juga timnas Italia, mengaku telah pensiun dari dunia kepelatihan.

Lippi memang tengah menganggur usai meninggalkan timnas Cina pada November 2019 lalu. Dalam wawancara dengan Radio Sportiva seperti dilansir Football Italia, Kamis (22/10/20), pria yang kini berusia 72 tahun itu mengaku sudah tidak ingin lagi menjadi pelatih.

“Saya sepenuhnya sudah berhenti dari dunia kepelatihan,” katanya. “Itu benar, (kariernya sebagai pelatih) sudah cukup.”

Lippi mengawali karier 30 tahunnya di dunia kepelatihan dengan menjadi pelatih tim Sampdoria U-19 pada periode 1982-1985. Dari situ kariernya menanjak hingga ia akhirnya berlabuh di raksasa Serie A Italia, Juventus.

Bersama Si Nyonya Tua, Lippi meraih kesuksesan besar. Dalam dua periode yang diselingi masa satu tahun ketika ia melatih Inter Milan, Lippi sukses menghadirkan 5 gelar scudetto Serie A Italia dan satu trofi Liga Champions untuk Juventus.

Pada 2004, ia meninggalkan Juventus untuk menjadi pelatih kepala timnas Italia. Bersama tim Azzurri, ia kembali meraih sukses besar dengan memimpin anak buahnya menjuarai Piala Dunia 2006.

Sempat mundur usai meraih gelar tersebut, Marcello Lippi kembali pada tahun 2008-2010 tapi gagal mempertahankan gelar di Piala Dunia 2010.

Lippi kemudian meninggalkan tanah Italia untuk hijrah ke Cina. Ia membesut Guangzhou Evergrande pada 2012-2014, sebelum kemudian memimpin timnas Cina pada 2016-2019, yang kemudian menjadi tim terakhir yang ia latih.

Meski demikian, Marcello Lippi masih membuka peluang untuk tetap bertahan di dunia sepak bola, walaupun harus berganti peran. “Mungkin saya masih bisa berguna di posisi lain, kita lihat saja nanti. Tapi tidak akan ada apa pun sampai musim semi nanti,” katanya.

Tak cuma menjadi salah satu pelatih tersukses di Italia, Lippi juga menjadi mentor bagi para pelatih yang aktif saat ini. Nama-nama seperti Antonio Conte (Inter Milan) dan Zinedine Zidane (Real Madrid) sempat menjadi pemain asuhannya saat di Juventus.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%