In-depth

Juventus vs Barcelona: Calon 2 Sejarah Baru Messi di Liga Champions

Rabu, 28 Oktober 2020 17:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Image
Lionel Messi berpotensi membuat sebuah sejarah baru di Liga Champions saat melakoni laga antara Juventus yang menjamu Barcelona. Copyright: © Getty Image
Lionel Messi berpotensi membuat sebuah sejarah baru di Liga Champions saat melakoni laga antara Juventus yang menjamu Barcelona.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi berpotensi membuat sebuah sejarah baru di Liga Champions saat melakoni laga antara Juventus yang menjamu Barcelona.

Setelah seminggu berselang, kompetisi paling bergengsi antar klub-klub elite Eropa, Liga Champions musim 2020/21 kembali bergulir. Pada Kamis (29/10/20) dini hari WIB nanti, akan bergulir laga kedua penyisihan grup klub-klub yang tergabung di Grup E sampai H.

Salah satu pertandingan yang dinanti ada di Grup G. Juara Serie A Italia sembilan kali berturut-turut, Juventus akan menjamu klub yang sudah 26 kali menjuara LaLiga Spanyol, Barcelona.

Untuk kesekian kalinya, dua tim yang sama-sama menjadi 'raksasa' dan mendominasi di liga domestik masing-masing ini kembali bertemu di lapangan hijau.

Total sudah enam pertemuan terjadi antara Juventus dan Barcelona di lima tahun terakhir. Barcelona sendiri memiliki catatan lebih mentereng dengan mengantongi tiga kemenangan, dua kali imbang. Sementara Juventus baru satu kali menang.

Namun, catatan pertemuan kedua tim itu tidak bisa langsung menjadi patokan bahwa Barcelona serta merta langsung diunggulkan jadi pemenang.

Pasalnya, kondisi tim yang ditukangi oleh Ronald Koeman ini tengah dalam kondisi 'cedera' dan masih berusaha untuk bangkit. Meskipun di sisi yang sama Juvetus juga memiliki start yang tidak terlalu mentereng di awal kompetisi musim 2020/21.

Di laga perdana mereka di Liga Champions kontra Ferencvaros, Barcelona bisa tersenyum lebar. Meskipun bermain dengan 10 orang karena kartu merah Gerard Pique, Blaugrana berhasil menang telak 5-1.

Sayangnya, kegemilangan Barcelona justru tak terlihat di LaLiga. Sebelum menang 5-1 melawan Ferencvaros, Barcelona menelan kekalahan perdananya di LaLiga Spanyol saat menghadapi Cadiz.

Luka belum kering, Barcelona kembali mengalami hal menyakitkan. Pasalnya di pekan ketujuh, mereka dipermalukan rival abadinya, Real Madrid di Camp Nou dengan kekalahan 1-3.

Dua kekalahan memalukan Barcelona di LaLiga Spanyol 2020/21 itu sendiri membuat satu sosok mendapat sorotan. Dia tak lain sang kapten tim, Lionel Messi.

Banyak orang yang mengkritik Messi seperti sudah tidak punya gairah lagi di Barcelona. Terutama sejak Blaugrana puasa gelar juara pada kompetisi musim 2019/20 dan sempat kalah 2-8 saat berhadapan dengan Bayern Munchen di Liga Champions.

Sempat menyatakan ingin hengkang dari Barcelona sebelum musim 2020/21 bergulir, Messi yang akhirnya memutuskan tetap bertahan nyatanya seperti masih belum 'nyetel' dengan strategi Koeman.

Musim ini saja, La Pulga, julukan Messi, baru dua kali mencatatkan namanya di papan skor untuk Barcelona. Kedua gol itu pun datang dari eksekusi penalti.

Dengan statistik seperti itu, tugas berat jelas ada di pundak Messi untuk membuktikan kelayakannya disebut sebagai megabintang Barcelona. Laga melawan Juventus di Liga Champions pun bisa menjadi titik balik baginya.

Pernah dua kali membobol gawang Nyonya Tua dalam lima pertemuan terakhir Barcelona dan Juventus, Messi bisa membuktikan bahwa timnya masih layak untuk ditakuti, baik di pentas Liga Champions maupun LaLiga Spanyol.

Selain menjadi penanda kebangkitan sekaligus memberi tambahan tiga poin bagi Barcelona di klasemen Grup G Liga Champions 2020/21, Messi juga punya sesuatu yang bisa menambah semangatnya.

Di laga Juventus vs Barcelona, penyerang asal Argentina itu bisa jadi membuat dua sejarah baru dalam perhelatan Liga Champions. Apa saja rekor tersebut? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan pembahasannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%