Bola Internasional

Profil Liam Oetoehganal, Pemain Keturunan Indonesia yang Memperkuat Timnas Belanda

Kamis, 29 Oktober 2020 18:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© instagram.com/l.oetoehganal
Liam Oetoehganal Copyright: © instagram.com/l.oetoehganal
Liam Oetoehganal

INDOSPORT.COM - Satu lagi pemain muda keturunan Indonesia di Eropa yang mulai mengemuka. Dia adalah Liam Oetoehganal, remaja berusia 16 tahun yang membela klub Feyenoord U-17.

Indonesia diketahui memiliki banyak pemain muda keturunan yang menjalani kariernya sebagai pemain sepak bola di Eropa. Tak tanggung-tanggung, pemain-pemain muda keturunan Indonesia memiliki posisi yang sanggup memenuhi setiap lini dalam formasi tim sepak bola.

Hingga kini, terdapat beberapa nama pemain keturunan yang pernah dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Elkan Baggott yang berposisi sebagai bek, lalu Jack Brown sebagai gelandang serang, dan Kelana Mahessa serta Luah Mahessa yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Di antara beberapa nama-nama tersebut, dua nama yakni Elkan Baggott dan Jack Brown sendiri keluar sebagai bintang baru Timnas Indonesia U-19 selama menjalani masa pelatihan di Kroasia.

Meskipun telah mendatangkan empat pemain keturunan ke skuat Garuda Nusantara pada pelatihan di Kroasia lalu, Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya masih ingin mendatangkan setidaknya tujuh pemain keturunan lainnya ke Timnas Indonesia U-19.

© Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong. Copyright: Naufal/PSSIPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Soal pemain keturunan total semua ada sembilan pemain, dan dua pemain (Kelana dan Luah) yang dari Jerman sudah kami lihat di Kroasia," ucap Shin Tae-yong kepada media.

"Untuk tujuh pemain sisanya kita akan coba lagi dalam pemusatan latihan selanjutnya," tambahnya.

Shin Tae-yong memang akan memaksimalkan ketujuh pemain ini dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di sesi berikutnyanya. Namun pelatih asal Spanyol itu menegaskan dia pun tidak akan memaksa para pemain itu untuk mau bermain di Timnas Indonesia U-19.

"Kita akan memaksimalkan sisanya dalam pemusatan latihan selanjutnya. Misal kita di Belanda akan kita maksimalkan mereka di sana," beber Shin Tae-yong.

"Namun tentu itu tidak langsung membuat mereka bermain untuk Timnas Indonesia U-19. Sebab mereka pun juga belum tentu mau untuk bermain di Timnas Indonesia U-19," tukasnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong sendiri enggan membocorkan siapa saja ketujuh pemain keturunan yang akan mereka panggil itu.

"Untuk siapa saja mereka jujur tidak bisa kami sebutkan tujuh pemain tersebut," ucap eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu itu.

"Tetapi kalau sudah ada keputusan bahwa tujuh pemain tersebut mau membela Timnas Indonesia, pasti akan ada pengumuman lebih lanjut," tambahnya.

Seiring berjalannya waktu, muncul sebuah nama pemain muda keturunan Indonesia yang viral di media sosial. Dia adalah Liam Oetoehganal, gelandang muda milik Feyenoord yang berpotensi membela Timnas Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%