In-depth

Diogo Dalot: Tenggelam di Manchester United, Mengapung Bersama AC Milan

Jumat, 30 Oktober 2020 11:37 WIB
Editor: Coro Mountana
© twitter.com/acmilan
Diogo Dalot resmi bergabung AC Milan Copyright: © twitter.com/acmilan
Diogo Dalot resmi bergabung AC Milan

INDOSPORT.COM - Karier Diogo Dalot bak seperti roda kehidupan dengan sempat tenggelam di Manchester United, namun kini mulai mengapung bersama AC Milan. 

Diogo Dalot, bek sayap kanan yang baru berusia 21 tahun, merupakan talenta masa depan Portugal. Sering disebut sebagai Brasil-nya Eropa, Portugal memang kerap melahirkan talenta berbakat tak henti-hentinya. 

Mulai dari Luis Figo, Cristiano Ronaldo hingga Joao Felix. Nama Diogo Dalot pun tak boleh dikesampingkan sebagai salah satu bek kanan masa depan Portugal. 

Mengasah kemampuannya di tim junior Porto, akhirnya Dalot mendapat kesempatan untuk bermain di tim senior. Meskipun hanya bermain dalam 8 pertandingan saja bersama Porto, Dalot yang saat itu belum genap 20 tahun, tampil begitu impresif. 

3 assists berhasil ia persembahkan bagi Porto yang ternyata itu membuat Manchester United kepincut dengannya. Alhasil pada Juli 2018, Manchester United pun mendatangkannya dari Porto. 

Tenggelam Bersama Manchester United 

Tadinya Diogo Dalot diharapkan dapat menggantikan peran Antonio Valencia atau Ashley Young sebagai bek sayap Manchester United. Soalnya Young dan Valencia tak lagi muda saat itu. 

Di musim pertamanya bersama Manchester United, Dalot tampak begitu kesulitan beradaptasi. Maklum saja, di musim itu, Manchester United sedang mengalami gonjang-ganjing setelah di tengah musim ada pergantian pelatih dari Jose Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer. 

Satu-satunya momen atau jasa besar Dalot yang tak bisa dilupakan saat itu adalah ketika sepakannya mengenai tangan Presnel Kimpembe di Liga Champions. Berkat usaha Dalot, Manchester United pun sukses kalahkan PSG setelah Rashford mengeksekusi penalti dengan baik. 

Selebihnya, Dalot masih sempat bermain dalam 25 laga tetapi hanya dengan catatan 2 assists saja. Memasuki musim 2019/20, Diogo Dalot ternyata tak mampu menembus skuad utama dengan hanya bermain dalam 11 laga dan catatan 1 gol saja. 

Tampil buruk bersama Manchester United musim lalu ditambah kedatangan Alex Telles membuat posisi Diogo Dalot semakin tenggelam. Untungnya ada AC Milan yang datang dan mengulurkan tangan pada Diogo Dalot.