Liga Indonesia

Pelatih Garuda Select Blusukan Cari 'The Next Braif Fatari'

Jumat, 30 Oktober 2020 10:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Scouting pemain Garuda Select jilid 3 resmi dimulai pada Kamis (29/10/20). Agenda ini dipimpin langsung oleh Direktur Garuda Select, Dennis Wise, dan sang pelatih kenamaan, Des Walker.

Bertempat di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, ratusan pemain muda dari kompetisi Liga 1 U-16, Piala Soeratin, Liga Topskor, bahkan Liga Kompas Gramedia unjuk gigi untuk masuk Garuda Select dan dapat tiket berlatih di Inggris.

Menariknya, tidak hanya mencari pemain yang berpengalaman di kompetisi resmi, Dennis Wise, Des Walker, serta empat staf pelatih bahkan 'blusukan' ke berbagai daerah untuk mencari pemain yang tidak terpantau.

"Tim scouting Garuda Select melakukan pemantauan ke berbagai daerah, untuk benar-benar mencari bakat-bakat sepak bola terbaik di Indonesia," ucap Dennis Wise.

"Kami juga membuka kesempatan untuk bisa mencari bakat pemain yang tak terpantau dalam kompetisi yang ada," tambah mantan kapten tim Chelsea era 2000-an tersebut.

Berkaca pada Garuda Select angkatan 1, kala itu Dennis Wise sempat menyambangi Pulau Papua, dan menemukan bakat Braif Fatari hingga diboyong untuk latihan di Inggris.

Hasilnya, Braif Fatari mampu membuktikan kepercayaan itu, dan kini mengikat kontrak dengan tim Liga 1 Persija Jakarta, lantas membela Timnas U-19 di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong.

"Ketika itu sama sekali tak ada yang tahu dan mengenal baik mengenai Braif. Kini, ia sudah menjadi bagian dari Timnas U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20," kata Dennis Wise.

Garuda Select jilid 3 akan memilih 24 pemain untuk menimba ilmu sepak bola di Eropa. Jika tidak ada perubahan, maka program latihan akan digelar pada November 2020 hingga Mei 2021 mendatang.