Liga Inggris

Alisson Becker: Penyelamat di Tengah Badai Cedera yang Menimpa Bek Liverpool

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Alisson Becker ibarat penyelamat Liverpool dari kurungan badai cedera yang menimpa barisan lini pertahanannya di awal musim 2020/21. Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Alisson Becker ibarat penyelamat Liverpool dari kurungan badai cedera yang menimpa barisan lini pertahanannya di awal musim 2020/21.

INDOSPORT.COM – Badai cedera tengah menimpa barisan belakang Liverpool di awal musim 2020/21. Kendati demikian, nama Alisson Becker akan menjadi pahlawan dari keterpurukan The Reds ini.

Liverpool harus mengalami nasib naas di awal-awal musim 2020/21. Palang pintu terbaik yang mereka miliki, Virgil van Dijk, diprediksi absen hingga akhir musim.

Apa yang dialami Van Dijk tak lepas dari terjangan Jordan Pickford di laga Everton vs Liverpool. Bek asal Belanda ini harus ditarik keluar dan disebutkan mengalami cedera ACL.

Cedera ACL sendiri merupakan cedera yang paling ditakuti atlet. Pasalnya, karier seorang atlet bisa saja tamat karena cedera ini. Hal tersebut pun menjadi concern Liverpool dan para pendukungnya.

Seakan memang tengah dijauhi Dewi Fortuna, Liverpool harus kehilangan pilarnya lagi akibat cedera. Kali ini adalah Fabinho yang harus mengalami cedera kala The Reds menghadapi FC Midtjylland.

Fabinho yang didapuk sebagai pengganti peran Van Dijk di lini belakang harus keluar saat pertandingan berjalan 30 menit saja. Hal ini membuat Jurgen Klopp selaku pelatih pusing bukan main.

“Cedera Fabinho adalah hal terakhir yang ingin kami dengar. Saya tidak tahu, dia merasa ada yan tidak beres pada hamstring. Sekarang tinggal perkara berapa lama dia absen. Itu saja. Begitulah, jelas tidak bagus tetapi begitulah situasinya,” tutur Klopp.

Cederanya Van Dijk dan Fabinho membuat Liverpool menyisakan Joe Gomez dan Joel Matip sebagai pemain senior. Nama terakhir pun tengah berada dalam tanda tanya besar karena di musim ini baru menjalani 2 laga saja.

Alhasil, Jurgen Klopp memasukkan pemain muda Rhys Williams untuk menjadi tandem Joe Gomez. Pemain berusia 19 tahun itu terkesan minim pengalaman di level tertinggi mengingat kariernya yang sebelumnya menjalani masa peminjaman di tim kasta keenam Inggris.

Belum lagi Joe Gomez juga belum banyak makan asam garam di level teratas seperti Van Dijk, Matip ataupun Fabinho. Bisa dikatakan, jantung pertahanan Liverpool hanya akan diisi 2 pemain yang belum cukup berpengalaman.

Di balik kesulitan, ada saja berkah yang datang. Hal ini pun didapatkan Liverpool karena kembalinya Alisson Becker ke bawah mistar gawang. Penjaga gawang asal Brasil ini seakan bisa menjadi pahlawan di balik kesusahan yang menimpa The Reds sejauh ini.

Alisson sendiri kembali ke mistar gawang saat Liverpool bertandang ke markas Ajax Amsterdam. Saat kiper utamanya absen, The Reds dalam kondisi kelimpungan karena dibantai Aston Villa 2-7 dan bermain imbang 2-2 lawan Everton.

Kembalinya Alisson saat Van Dijk cedera mengembalikan kepercayaan diri lini belakang Liverpool. Hal ini bisa dilihat dar beberapa hasil serta catatan The Reds sejak diriya kembali bermain.

“Adrian tampil baik. Tapi jelas kembalinya Alisson menyemangati (dan menambah kepercayaan diri) kami semua,” ujar Klopp pasca menang atas Sheffield United.

Alisson terhitung sebagai kiper yang aktif. Ia tercatat sebagai pemain yang vokal, terutama saat mengatur barisan pemain belakang di depannya.

Kehadirannya pun tak hanya sebagai palang pintu terakhir, melainkan juga sebagai pengatur serangan dari belakang lewat umpan-umpan panjangya.

Selain itu, kehadirannya membuat lini belakang Liverpool bermain lebih nyaman mengingat presentase penyelamatan Alisson yang apik dan mencapai 73,9 persen dengan presentase clean sheets sebanyak 47 persen.

Sebagai pemain komplit dan andal dalam mengorganisir pertahanan, tentu kehadiran Alisson bisa menjadi pelipur lara Liverpool yang ditinggal Virgil van Dijk dan Fabinho.

Bukan tidak mungkin duet anyar Joe Gomez dan Rhys Williams yang terbilang belum berpengalaman akan mendapat bimbingan penting dari hadirnya Alisson Becker di laga Liverpool selanjutnya.