Liga Inggris

Giggs: Man United Perlu 20 Tahun Lagi untuk Juara Liga Inggris

Minggu, 1 November 2020 20:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Sun
Ryan Giggs mengklaim bahwa mantan klubnya Manchester United membutuhkan waktu 15 hingga 20 tahun untuk bisa memenangkan gelar Liga Inggris lagi. Copyright: © The Sun
Ryan Giggs mengklaim bahwa mantan klubnya Manchester United membutuhkan waktu 15 hingga 20 tahun untuk bisa memenangkan gelar Liga Inggris lagi.

INDOSPORT.COM – Ryan Giggs mengklaim bahwa mantan klubnya Manchester United membutuhkan waktu 15 hingga 20 tahun untuk bisa memenangkan gelar Liga Inggris lagi.

Sebagaimana diketahui, Solskjaer didapuk melatih Manchester United setelah pemecatan Jose Mourinho. Solskjaer pun diharapkan bisa memulihkan citra klub yang mendominasi sepak bola Inggris di bawah era Ferguson.

Namun, segala daya dan upaya Solskjaer ini masih di ambang keraguan dengan kini Man United malah menduduki peringkat ke-15 di klasemen sementara Liga Inggris musim 2020-2021.

Ini merupakan tahun kedua pelatih Ole Gunnar Solskjaer, yang mana situasi Man United bisa mengancam pelatih asal Norwegia itu terdepak bila gagal memenuhi harapan.

Ryan Giggs, yang merupakan bagian dari tim juara Liga Inggris pada 1998-1999 silam khawatir bahwa Man United bakal mengalami penantian yang cukup panjang untuk memenangkan Liga Inggris.

Hal ini dirasakan Giggs setelah dia menelaah situasi Liverpool yang menemukan formula kemenangan sampai akhirnya Jurgen Klopp mendarat di Anfield pada 2015.

“Ya, 100 persen (khawatir Man United tidak bisa juara musim ini),” kata Giggs kepada Greatest Game Podcast, melansir dari Goal.com.

“Bisa jadi 15, 20 tahun sebelum Anda menyadarinya, terutama jika (Jurgen) Klopp dan (Pep) Guardiola bertahan,” lanjutnya.

“Mereka memiliki sumber daya dan para pemain, jadi kami harus melihat Liverpool, di mana terakhir kali mereka menjuarai (Liga Inggris) pada tahun 1990. mereka mengira ‘kami akan segera memenangkannya lagi’,” jelas Giggs.

Pelatih timnas Wales itu pun meminta Man United, terutama Solskjaer, untuk mempelajari apa telah dilakukan Klopp untuk Liverpool selama ini.

Klopp sejak kedatangannya lima tahun tahu melakukan berbagai perombakan guna meningkatkan tim. Dimulai dari jadi finalis Liga Champions pada 2017-2018, kemudian memenangkannya pada 2018-2019.

Pada musim berikutnya Klopp berhasil mempersembahkan trofi Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

“Bahkan Klopp, butuh empat setengah tahun baginya untuk memenangkannya. butuh waktu lama. Anda harus memikirkan apa yang Klopp lakukan,” tandas Giggs.

Manchester United sendiri terakhir kali memenangkan gelar Liga Inggris pada akhir musim 2012-2013 silam. Gelarnya itu jadi trofi terakhir yang dipersembahkan Sir Alex Ferguson, sebelum posisinya digantikan oleh David Moyes.

Sayangnya, mantan bos Everton itu hanya bertahan 10 bulan dari posisinya sebelum Ryan  Giggs mengambil alih tugas untuk sementara waktu. Kala itu Setan Merah juga harus terdampar di posisi terendah Liga Inggris.

Louis Van Gaal jadi orang berikutnya yang didapuk membawa kembali kejayaan Manchester United, namun dia dipecat setelah dua musim gagal mewujudkan harapan. Van Gaal kala itu hanya mampu mempersembahkan trofi Piala FA.

United kemudian beralih ke pemenang Liga Inggris tiga kali Jose Mourinho, yang memenangkan Community Shield, Piala EFL dan Liga Europa di tahun pertamanya di Theatre of Dreams.

Pelatih asal Portugal itu kemudian membimbing tim ke posisi kedua di divisi teratas, tetapi akhirnya mengalami nasib yang sama seperti Moyes dan Van Gaal setelah awal yang buruk untuk musim 2018-19.

Kini di bawah arahan Solskjaer, Man United harus bisa mendongkrak posisi ke tempat yang lebih baik saat mereka menjamu Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris pada Minggu (01/11/20) malam WIB.