In-depth

Starting XI Legenda yang Belum Pernah Jadi Juara Liga Champions

Rabu, 4 November 2020 14:55 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Banyak pemain klub-klub top Eropa secara mengejutkan ternyata belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions. Copyright: © Getty Images
Banyak pemain klub-klub top Eropa secara mengejutkan ternyata belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Banyak pemain klub-klub top Eropa secara mengejutkan ternyata belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions.

Bagi para pemain-pemain sepak bola yang memperkuat klub top Eropa, tampil dalam ajang sekelas Liga Champions merupakan kebanggan yang luar biasa.

Pasalnya, tidak sembarang klub yang bisa tamil di ajang yang memperebutkan trofi Si Kuping Besar. Hanya klub yang berada di posisi papan atas klasemen liga domestiknya yang biasanya diikuti oleh 32 kontestan saat fase penyisihan grup ini.

Bergulir sejak 1955 silam saat masih bernama European Cup, tercatat sudah ada 22 klub yang berhasil membawa pulang trofi juara Liga Champions ke lemari mereka.

Real Madrid sendiri menjadi klub yang paling banyak memenangkan trofi  juara Liga Champions. Tidak tanggung-tanggung, 13 kali Los Blancos berhasil menjadi kampiun, nyaris dua kali lipat dari AC Milan di posisi kedua dengan koleksi 7 gelar juara.

Bila dari segi pemain, legenda Real Madrid, Francisco Gento sampai saat ini masih memegang rekor sebagai orang yang paling banyak merakasan gelar juara Liga Champions. Selama kariernya, ia enam kali merasakan status juara Liga Champions bersama Madrid.

Sayangnya, dalam perjalanannya, tidak semua pemain seberuntung Francisco Gento bersama Real Madrid yang mampu berkali-kali merasakan manisnya juara Liga Champions.

Ada juga beberapa pemain yang meskipun sudah lama berkarier sebagai pesepakbola di Eropa, mereka selalu gagal meraih gelar juara. Beberapa di antara mereka bahkan menyandang status pemain top lantaran begitu hebat bersama timnya dalam kancah domestik.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkum sejumlah pemain top Eropa yang belum pernah menjuarai Liga Champions dan secara mengejutkan bisa dibentuk menjadi tim kuat:

Gianluigi Buffon (Kiper)

'Kutukan' Sulley Muntari yang mengatakan Gianluigi Buffon tak akan menjuarai Liga Champions sebelum mengakui golnya kala Milan berhadapan Juventus pada Februari 2012 lalu, masih berlaku.

Dua kali berhasil menjadi pemain kunci Juventus yang menembus partai final Liga Champions 2014/15 dan 2016/17, Buffon pada akhirnya harus mengangis sedih karena di dua laga tersebut selalu kalah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%