Liga Inggris

Belum Waktunya Diogo Jota Gantikan Firmino di Laga Man City vs Liverpool

Kamis, 5 November 2020 13:08 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor:
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Legenda Liverpool, John Barnes mengatakan belum seharusnya Diogo Jota menggantikan Roberto Firmino di starting lineup ketika melawan Manchester City. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Legenda Liverpool, John Barnes mengatakan belum seharusnya Diogo Jota menggantikan Roberto Firmino di starting lineup ketika melawan Manchester City.

INDOSPORT.COM - Legenda Liverpool, John Barnes mengatakan belum seharusnya Diogo Jota menggantikan Roberto Firmino di starting lineup ketika melawan Manchester City di Liga Inggris, Minggu (08/11/20) malam WIB.

Diogo Jota telah menjadi idola baru di Liverpool. Bergabung ke Anfield pada bursa transfer musim panas kemarin dari Wolves, Jota sudah membuktikan diri layak dihargai tinggi.

Dalam pertandingan terakhir Liverpool, pemain sepak bola asal Portugal ini dipasang menjadi starter melawan Atalanta. Buktinya, Jota menggila dengan membukukan hattrick.

Performanya yang gemilang membuat banyak pihak menyebutkan Jota harus menggantikan Firmino menjadi starter di laga berikutnya. Namun, tidak bagi John Barnes.

Pasalnya, Barnes mengatakan bahwa Firmino harus menjadi pemain inti ketika skuat asuhan Jurgen Klopp akan bertandang ke Manchester City.

"Jota mencetak hattrick, tapi dia secara otomatis tidak bisa masuk tim inti melawan Macn City. Saya pikir siapa yang bermain tergantung pada strategi dan siapa lawannya  serta bagaimana tim itu bermain," ucap Barnes dikutip dari Metro Sports.

Lebih lanjut, Barnes mengatakan bahwa melawan Manchester City membuat tim tidak akan memiliki kesempatan untuk menguasai bola. Sehingga pemain seperti Firmino akan lebih baik untuk menahan bola dan membantu pertahanan.

"Anda membutuhkan pemain seperti Firmino untuk tidak hanya menguasai bola, tapi juga melakukukan pertahanan. Jika bermain melawan Atalanta atau Leeds, tim yang lebih terbuka, mereka bisa memainkan Jota," imbuhnya.

Barnes pun percaya bahwa Klopp akan lebih banyak melakukan perubahan strategi, tergantung siapa lawan yang akan dihadapi Liverpool itu sendiri.

Barnes juga percaya bahwa permainan Firmino akan lebih banyak membuat Mane dan Salah mendapatkan ruang untuk mencetak gol bagi Liverpool.

"Alasan Mane dan Salah mencetak banyak gol adalah karena cara bermain Firmino. Jika Jota bermain, meskipun mereka sama-sama mencetak gol (lawan Atalanta), mungkin tidak akan banyak mencetak gol," tegas Barnes.

Sementara itu, Diogo Jota bisa dibilang produktif karena telah membuat tujuh gol dalam 10 pertandingannya bersama The Reds dalam semua kompetisi.