In-depth

Tanpa Lovren dan Van Dijk, Lini Belakang 'Murah Meriah' Liverpool Lumayan Juga

Kamis, 5 November 2020 15:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Lini pertahanan Liverpool untuk saat ini sepertinya masih baik-baik saja. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Lini pertahanan Liverpool untuk saat ini sepertinya masih baik-baik saja.

INDOSPORT.COM - Lini pertahanan klub Liga Inggris, Liverpool, sempat mendapat cobaan setelah ditinggal Dejan Lovren dan Virgil van Dijk. Akan tetapi, mereka sepertinya akan baik-baik saja.

Dejan Lovren hengkang ke klub Rusia, Zenit, pada musim panas lalu dan setelahnya The Reds tidak secara langsung mencari penggantinya, meski sempat mendatangkan Kostas Tsimikas dari klub Yunani, Olympiakos.

Banyak yang mengira cederanya Virgil van Dijk akan jadi pukulan keras bagi skuat Liverpool. Memang benar, apalagi mengingat ia adalah salah satu bek terbaik di dunia saat ini, tapi The Reds ternyata lebih kuat dari perkiraan orang-orang.

Dari lima pertandingan terakhir sejak Van Dijk cedera, The Reds yang kehilangan jenderal di jantung pertahanan tercatat hanya kebobolan dua gol, bahkan salah satunya berasal dari titik putih. Hal ini terbilang cukup impresif, apalagi mengingat Joel Matip juga tidak bisa bermain.

Lalu, Fabinho yang jadi andalan Klopp usai cedera Van Dijk pun harus menepi dari lapangan di dua pertandingan terakhir. Nah, mungkin salah satu jimat keberuntungan Liverpool ada dalam diri para pemain mudanya.

Adalah Nathaniel Phillips yang tampil gemilang saat tampil melawan West Ham United di ajang Liga Inggris hingga membuatnya menyabet gelar Man of the Match.

“Saya sangat senang untuknya karena dia layak mendapatkannya lebih dari siapa pun. Dia sangat aktif di lapangan, dia menghadapi tantangan, dan dia agresif,” ujar Jurgen Klopp setelah pertandingan seperti diberitakan laman Liverpool Echo.

Setelah West Ham United, Liverpool tampil luar biasa ketika bertemu Atalanta di Liga Champions. Mereka membabat habis klub Serie A Liga Italia tersebut dengan skor 5-0.

Angka lima yang menghiasi papan skor Atalanta vs Liverpool memang terlihat begitu besar dan mencengangkan, tapi jangan lupakan angka nol yang juga menyertainya. Ya, The Reds berhasil mencetak clean sheet.

Selain Diogo Jota, Mohamed Salah, dan Sadio Mane yang berperan mencetak gol, para pemain di lini belakang tentu perlu mendapat apresiasi pula. Kali ini, yang jadi bintangnya adalah ‘kembaran’ Virgil van Dijk, Rhys Williams.

Penampilannya di laga lawan Atalanta yang apik pun membuat banyak orang kagum karena ia belum punya banyak pengalaman sebagai profesional. Ini baru penampilan ketiganya di ajang Liga Champions.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%