In-depth

Turki dan November Kelabu untuk Manchester United dalam 4 Tahun Sekali

Kamis, 5 November 2020 08:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Raut penyesalan skuat Manchester United usai dikalahkan Istanbul Basaksehir di Liga Champions Copyright: © Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Raut penyesalan skuat Manchester United usai dikalahkan Istanbul Basaksehir di Liga Champions

INDOSPORT.COM - Manchester United kembali menelan pil pahit usai dikalahkan oleh Istanbul Basaksehir di Liga Champions. Kekalahan ini pun menambah panjang daftar kelabu Setan Merah di Turki pada bulan November.

Bertandang ke Basaksehir Fatih Terim, kandang Istanbul Basaksehir, Manchester United tampil tanpa menggunakan kiper nomor satu mereka, David De Gea. Kiper Timnas Spanyol ini posisinya tergeser oleh Dean Henderson, yang digadang-gadang akan menjadi kiper utama di bawah naungan Solskjaer.

Menggunakan formasi 4-2-3-1, di atas kertas skuat Manchester United seharusnya bisa memenangkan laga Liga Champions kali ini dengan mudah. Keempat bek diisi oleh Luke Shaw, Harry Maguire, Axel Tuanzebe, dan Aaron Wan-Bisaka. Sementara dua lini tengah diisi oleh Donny van de Beek dan Nemanja Matic.

Sementara tiga pemain yang berposisi sebagai gelandang serang diisi oleh Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Juan Mata. Ketiganya ditugaskan untuk menyokong Anthony Martial yang berposisi sebagai penyerang tunggal.

Namun yang terjadi justru di luar dugaan. Permainan Manchester United di babak pertama viral di media sosial, baik Twitter maupun Instagram. Terlebih saat gol pertama Istanbul Basaksehir terjadi lewat aksi Demba Ba di menit ke-12.

Terlihat pada video di atas, gol yang dilesakkan oleh Demba Ba berawal dari serangan yang dilakukan oleh Manchester United yang gagal. Buruknya lini pertahanan Setan Merah saat Istanbul Basaksehir melakukan serangan balasan membuat eks Chelsea itu bergerak leluasa untuk mengoya jala Henderson. 1-0 Man United tertinggal.

Tepat di menit ke-40, Istanbul Basaksehir berhasil mencetak gol keduanya. Lewat skema serangan balik memanfaatkan kesalahan Juan Mata, Deniz Turuc melepaskan umpan silang datar dari sisi kanan pertahanan Man United dan mampu diselesaikan Edin Visca. Skor menjadi 2-0.

Tak butuh waktu lama, Man United pun berhasil memperkecil ketertinggalan. Anthony Martial mampu mengkonversi umpan silang Luke Shaw lewat tandukannya hingga berbuah gol pada menit ke-43. Skor menjadi 2-1.

Keunggulan 2-1 tuan rumah atas Manchester United bertahan bahkan hingga babak kedua selesai. Meskipun Ole Gunnar Solskjaer telah melakukan lima pergantian pemain, Manchester United tetap gagal menambah gol.

Kekalahan Manchester United di kandang Istanbul Basaksehir pun seakan menambah deretan kelam rival Liverpool itu setiap kali bertandang ke Turki. Tercatat, Setan Merah selalu kalah di kandang klub Turki dalam empat tahun sekali di bulan November.