Liga Spanyol

Barcelona Harus Penuhi 2 Hal Ini Jika Ingin Mempertahankan Lionel Messi

Rabu, 11 November 2020 01:45 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Indra Citra Sena
© LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Lionel Messi tertunduk lesu usai Barcelona kalah dari Real Madrid. Copyright: © LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Lionel Messi tertunduk lesu usai Barcelona kalah dari Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Megabintang sepak bola, Lionel Messi siap untuk memperpanjang kontrak di Barcelona apabila klub asal Catalan itu mampu mewujudkan dua syarat.

Masa depan Lionel Messi bersama Barcelona memang masih belum jelas. Kontraknya akan segera berakhir di akhir musim 2020/21 nanti, namun hingga saat ini tidak ada wacana perpanjangan kontrak untuknya.

Itu berarti Messi bisa melenggang pergi dengan gratis pada Juni 2021 mendatang. Bahkan pemain berjuluk La Pulga itu bisa bernegosiasi dengan klub lain di bursa transfer musim dingin sebentar lagi.

Awal mula masalah ini terjadi ketika Messi melayangkan surat untuk Barcelona yang menyatakan tentang keinginannya untuk pergi kepada dewan Barcelona dengan mengaktifkan klausul kontrak di akhir musim lalu dengan status bebas transfer.

Akan tetapi, pihak Barcelona mengaku permintaan Messi tidak bisa diproses karena telah melebihi batas waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu berniat membawa masalah ini ke pengadilan.

Namun akhirnya Messi tetap bertahan setidaknya hingga kontraknya berakhir karena tidak mau 'bertengkar' lebih lama dengan klub yang sudah membesarkan namanya itu.

Perseteruan Messi dengan Barcelona sedikit mereda saat Josep Bartomeu mengundurkan diri dari kursi presiden pada Selasa (27/10/2020) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. Bartomeu memang dirumorkan menjadi dalang dibalik tak betahnya Messi di Barcelona.

Namun ternyata dengan mundurnya Bartomeu tak menjamin Messi bisa bertahan lebih lama di Camp Nou. Pasalnya Barcelona juga belum menyodorkan kontrak baru untuk sang kapten.

Apalagi Barcelona kini sedang berjuang mati-matian agar bisa selamat dari kebangkrutan. Pandemi COVID-19 membuat klub peraih enam gelar Liga Champions itu defisit dalam hal keuangan.

Namun dilansir dari Marca, Barcelona masih punya harapan untuk bisa memperpanjang kontrak Messi. Setidaknya ada dua syarat yang harus diwujudkan bila Blaugrana mau mempertahankan Messi lebih lama.

Yang pertama adalah penampilan apik dari Barcelona. Pelatih baru Ronald Koeman diharapkan mempu membawa Barca kembali ke level teratas setelah musim lalu tampil bobrok dan tak mendapatkan satupun juara.

© twitter.com/FCBarcelona
Lionel Messi menggocek bola di laga Barcelona vs Dynamo Kiev Copyright: twitter.com/FCBarcelonaLionel Messi menggocek bola di laga Barcelona vs Dynamo Kiev

Messi yang notabene tak pernah absen angkat piala sejak 2014, merasa Barcelona gagal total di musim 2019/20. Mungkin dengan raihan gelar di musim 2020/21 ini bisa membuat Messi bertahan bersama Barcelona.

Yang kedua adalah rencana yang jelas dari presiden baru Barcelona nanti. Pemilihan presiden akan segera dilaksanakan awal tahun depan. 

Menilik hubungan dari Bartomeu dan Messi yang berakhir tak menyenangkan, presiden yang nanti terpilih nampaknya harus membuat visi dan misi yang jelas dan baik untuk kemajuan Barcelona.