In-depth

Pergantian 5 Pemain di Liga Inggris Hanya Untungkan Klub Besar?

Selasa, 10 November 2020 10:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Steele/Getty Images
Jurgen Klopp dan Pep Guardiola sempat buka suara soal pergantian lima pemain di Liga Inggris. Copyright: © Michael Steele/Getty Images
Jurgen Klopp dan Pep Guardiola sempat buka suara soal pergantian lima pemain di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Pergantian lima pemain masih menjadi topik pembicaraan di Liga Inggris, apalagi menyusul opini yang keluar dari mulut Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Seperti diketahui, dua pelatih sepak bola papan atas tersebut mengungkapkan keluh kesahnya tentang limit pergantian pemain yang kini hanya diperbolehkan tiga kali.

Mereka pun menuntut Liga Inggris mengizinkan aturan lima sub demi kebaikan para pemain itu sendiri. Ya, tujuannya untuk meminimalkan potensi cedera dan kelelahan.

“Semua tim harus mengerti betapa membantunya (aturan) ini. Bukan soal keuntungan, melainkan kebutuhan. Seratus persen,” ujar Jurgen Klopp setelah pertandingan Manchester City vs Liverpool tempo hari.

Ucapan Klopp tersebut terlontar bukan tanpa alasan mengingat liga-liga lain juga memberlakukan pergantian lima pemain. Liga besar dengan aturan tiga sub hanya ada di Inggris.

“Di negara-negara lain sudah menerapkannya (lima pemain) dan di sini kita mengolok-olok kompetisi lantaran hanya membolehkan tiga. Luar biasa, saya rasa kita perlu membicarakan ini lagi,” tambahnya.

Sebelumnya, isu pergantian lima pemain ini sudah pernah dibahas, namun dari dua kali proposal yang diajukan, semuanya gagal.

Butuh persetujuan dari 14 klub untuk membuat wacana ini terlaksana, sedangkan pada kesempatan yang lalu hanya 11 klub yang memberi anggukan tanda setuju.

Bukan hanya Jurgen Klopp, Pep Guardiola juga punya pandangan yang sama terkait pergantian lima pemain di Liga Inggris ini, terlepas dari fakta bahwa ia hanya menggunakan dua saja sejauh ini.

Menurutnya, hal ini adalah keputusan mendesak yang harus segera diambil demi kebaikan bersama, terutama jika menyoal kondisi fisik para pemain.

“Negara-negara lain menggunakan lima sub dan kita harus percaya bahwa kita ini orang-orang yang lebih spesial. Kita tidak melindungi pemain-pemain kita dan ini adalah bencana,” ucap Guardiola seperti diberitakan laman Sky Sports.

Ia pun menuntut pergantian lima pemain diberlakukan di Liga Inggris. Jika tidak, menurutnya akan sulit mempertahankan kelangsungan salah satu kompetisi sepak bola paling elite dunia ini.