Bola Internasional

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga Saat Ini, Tak Ada Man United dan Real Madrid

Rabu, 11 November 2020 20:40 WIB
Editor: Juni Adi
© Xavier Laine/Getty Images
Skuat Paris Saint-Germain merayakan kemenangan mereka atas Stade Reims Copyright: © Xavier Laine/Getty Images
Skuat Paris Saint-Germain merayakan kemenangan mereka atas Stade Reims

INDOSPORT.COM - Bukan rahasia lagi bahwa sepak bola adalah olahraga paling populer di seluruh dunia, dan kini telah berkembang jauh sebagai bagian dari industri hiburan, tergambar dari banyaknya pesepak bola yang dihargai dengan nilai yang fantastis.

Jumlah pendapatan klub-klub sepak bola seperti sponsorship atau uang hadiah dari partisipasti mereka dalam suatu kompetisi begitu luar biasa.

Seiring dengan harga pemain yang juga terus melonjak, maka nilai jual klub pun terus mengalami peningkatan. Menariknya, dari daftar nama klub yang tertera tidak ada nama Manchester United dan Real Madrid.

Ini merupakan sebuah hal yang mengejutkan, mengingat kedua klub tersebut notabenenya merupakan salah satu klub dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Dengan memerhatikan hal tersebut, berikut INDOSPORT ulasan mengenai lima klub yang memiliki nilai jual tertinggi di dunia sepak bola pada saat ini, berdasarkan data dari Transfermarkt.

1. Liverpool - 973 juta euro (Rp16,24 triliun)

Liverpool telah banyak melalui jalan yang berliku, terpaan angin dan gelombang yang dahsyat dalam perjalanannya untuk menjadi kekuatan terbesar di sepak bola dunia pada saat ini.

Kehadiran Jurgen Klopp di kursi kepelatihan memainkan peranan penting dalam kesuksesan ini, hingga bisa menghasilkan sebuah trofi Liga Champions dan kemudian titel Liga Inggris selama dua musim terakhir.

Para pemain bintang seperti Mohamed Salah, Alisson Becker, Sadio Mane, dan Virgil van Dijk ditelurkan lewat tangan dingin sang manajer asal Jerman, yang kini tengah berusaha untuk meneruskan dominasi tersebut di pentas domestik maupun Eropa.

2. Manchester City - 971,64 juta euro (Rp16,21 triliun)

Sama halnya seperti PSG, Manchester City meraih kemasyurannya melalui akuisisi pemilik dengan kekuatan finansial yang luar biasa, ketika Abu Dhabi United Group mengambil alihnya pada 2008.

Mereka harus menunggu hingga tahun 2012 untuk meraih gelar juara Liga Inggris pertamanya, namun sejak saat itu, The Citizens konsisten bersaing memperebutkan gelar di papan atas klasemen.

Kini bersama Pep Guardiola, City digembar-gemborkan sebagai juara Liga Inggris lagi, sebagai penantang utama pemutus dominasi Liverpool pada musim ini. 

3. Barcelona - 790,38 juta euro (Rp13,19 triliun)

Barcelona tidak sedang mengalami masa-masa terbaiknya pada saat ini, setelah menutup musim 2019/2020 lalu dengan kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions.

Kepemimpinan presiden Josep Maria Bartomeu telah menyulut keinginan Lionel Messi untuk hengkang pada musim panas lalu, sebelum sang patron memutuskan untuk mengundurkan diri pada akhir Oktober lalu.

Terlepas dari segala drama internal dan kesulitan di atas lapangan, Barcelona tetap menjadi tim dengan nilai jual tertinggi ketiga di dunia.

4. Bayern Munchen - 788,27 juta euro (Rp13,16 triliun)

Bayern Munchen sudah menjadi kekuatan besar di sepak bola Jerman selama berdekade-dekade sekarang, dan di bawah asuhan Hansi Flick, mereka baru saja meraih trigelar alias treble winners pada musim lalu.

Die Bavaria selalu menjadi gudangnya pemain terbaik Jerman. Siapa pun nama pemain muda dengan prospek tercerah di sepak bola domestik, kerap kali berlabuh di Allianz Arena.

Mereka melanjutkan dominasi pada musim lalu dengan menjuarai Piala Super Eropa dan Piala Super Jerman pada September lalu. Itu nampaknya akan terus berlanjut pada musim ini.

5. Paris Saint-Germain - 772,88 juta euro (Rp12,9 triliun)

Semenjak diambil alih oleh penguasa kaya raya asal Qatar, Tamim bin Hammad Al-Thani, melalui Qatar Sports Investment pada tahun 2011, PSG telah menjadi salah satu kekuatan sepak bola terbesar di Eropa.

Akuisisi tersebut langsung membawa mereka mendominasi sepak bola Prancis, yang kemudian disusul oleh rekrutan pemain-pemain bintang, sekaliber Neymar dan Kylian Mbappe pada musim panas tahun 2017.

Les Parisien pun baru saja menembus laga final Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub, yang berdiri sejak tahun 1970 tersebut, dan nilai jualnya terus meningkat sekarang.