In-depth

3 Gelandang Produktif di Dunia: Salah Satunya dari Manchester United

Jumat, 13 November 2020 13:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meskipun produktif adalah tugas seorang striker atau penyerang, kenyataan berkata lain dengan kehadiran tiga gelandang kreatif di bawah ini. Ketiga gelandang ini sangat rajin terlibat gol untuk masing-masing klub sepak bolanya.

Sejarah sepak bola dunia memang sudah membuktikan hal tersebut, setiap tim hebat tentunya harus memiliki gelandang hebat juga.

Bahkan pada tahun 90-an, bermunculan gelandang yang produktif bukan hanya urusan cetak gol, tapi juga assist untuk timnya.

Sempat hilang dari peredaran, sederet gelandang dengan tipikal produktif ini kembali muncul di sepak bola dunia, khususnya Eropa.

Di bawah ini, sudah redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum tiga gelandang produktif di dunia menurut Sportskeeda, yang salah satunya berasal dari Manchester United.

3. Kevin De Bruyne

Kevin de Bruyne menjadi salah satu gelandang produktif di dunia saat ini. Dia juga bagian penting untuk permainan Pep Guardiola selama melatih Manchester City sejak tahun 2016 lalu.

Dia baru saja melewati tahun yang sensasional musim 2019/2020 lalu. De Bruyne mencetak 13 gol dan 20 assist untuk Man City di Liga Inggris.

Musim ini saja, dia sudah mengoleksi satu gol dan tujuh assist dari total 10 penampilannya di semua kompetisi untuk The Citizens.

2. Marco Reus

Selanjutnya adalah Marco Reus, yang sekarang ini tidak banyak dibicarakan publik karena memang terlalu sering mengalami cedera setiap musimnya. Tapi justru dengan mengalami cedera, masih mampu tampil produktif menjadi alasan dia pantas masuk daftar ini.

Pada Bundesliga musim lalu saja, Reus sukses mencetak 11 gol lima assist hanya dari 19 penampilannya. Musim sebelumnya, yaitu 2018/2019, dia bahkan sangat subur dengan 17 gol dan delapan assist dari 28 penampilan untuk Borussia Dortmund.

Tidak pernah berhasil melewati 30 penampilan setiap musimnya (tentunya karena badai cedera), statistik Reus sangatlah gemilang untuk ukuran seorang gelandang.

1. Bruno Fernandes

Selanjutnya gelandang paling produktif dalam daftar ini, mungkin mengejutkan kalian semua. Siapa lagi kalau bukan Bruno Fernandes yang sudah bersinar sejak gabung Manchester United pada bulan Januari 2020 lalu.

Bruno Fernandes benar-benar menambah kreativitas dan juga produktivitas skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Pada paruh pertama musim 2019/2020 saja, dia sudah sukses mencetak 15 gol dan 14 assist saat masih berseragam Sporting CP.

Paruh kedua musim lalu bersama Manchester United, dengan total 22 penampilan dia sukses mengemas 12 gol dan delapan assist di semua kompetisi. Sungguh produktif bagi seorang gelandang serang.

Musim ini, nampaknya dia kembali menjadi mesin gol Setan Merah. Dengan total 11 penampilan, mencetak enam gol dan lima assist, wajar Solskjaer lebih mengandalkannya dibanding Paul Pogba di Manchester United sejauh musim ini berjalan.

Penulis: Tomy Wijanarko