Liga Italia

3 Fakta Terselubung di Balik Alotnya Negosiasi Kontrak Donnarumma dan Calhanoglu

Sabtu, 14 November 2020 20:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Jonathan Moscrop/Getty Images
Berikut ini kami rangkum tiga fakta terselubung di balik alotnya negosiasi kontrak dua pemain AC Milan, Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu. Copyright: © Jonathan Moscrop/Getty Images
Berikut ini kami rangkum tiga fakta terselubung di balik alotnya negosiasi kontrak dua pemain AC Milan, Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu.

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum tiga fakta terselubung di balik alotnya negosiasi kontrak dua pemain AC Milan, Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu. 

Klub Serie A Italia, AC Milan, tengah dibuat pusing dengan persoalan kontrak para pemain bintangnya. Meski tim tengah gemilang di lapangan, namun manajemen I Rossoneri sedang bekerja keras mencari solusi perihal persoalan kontrak pemain. 

Seperti diketahui, tiga pemain yakni Gianluigi Donnarumma, Hakan Calhanoglu, dan Zlatan Ibrahimovic, akan habis kontrak pada 2021. Yang jadi soal, agen masing-masing pemain meminta kenaikan gaji yang signifikan. 

Untuk Ibrahimovic sendiri, hal tersebut masih bisa dibicarakan belakangan lantaran sang pemain juga membuak kemungkinan untuk pensiun. Namun lain halnya dengan Hakan Calhanoglu dan Gianluigi Donnarumma. 

Dua pilar AC Milan itu terancam bakal hengkang secepatnya Januari ini, jika Milan tak segera memperpanjang kontraknya. Berikut ini kami rangkum tiga fakta terselubung di balik alotnya negosiasi kontrak Donnarumma dan Calhanoglu. 

1. Donnarumma Bersaudara Hampir Sepakat 

Berita terbaru mengabarkan, AC Milan menawarkan gaji senilai 6,5 juta euro  (Rp108 miliar) per musim dalam kontrak Donnarumma. Nominal itu lebih rendah dari permintaan Donnarumma yakni 7,5 juat euro (Rp125 miliar) per musim. 

Walau begitu, dilansir dari La Gazzetta dello Sport, AC Milan dan perwakilan Donnarumma semakin dekat dengan kata sepakat. Agen Donnarumma, Mino Raiola, meminta Milan untuk memberlakukan klausul pelepasan pada kontrak andai Milan gagal lolos Liga Champions musim ini. 

Tentu saja, salah satu syarat lainnya adalah dengan memperpanjang kontrak sang kakak, Antonio Donnarumma. 

Bak sepaket, Antonio juga bakal mendapatkan kontrak baru bersama AC Milan. Kiper ketiga Milan itu sejauh ini belum tampil baik di Serie A maupun Liga Europa. 

2. Maldini Kejar Kesepakatan Tiap Pekan

Banyak pihak heran mengapa Milan begitu lama dalam membahas kesepakatan kontrak dua pilarnya tersebut. Sebab, jika tak juga selesai, maka pada Januari Donnarumma dan Calhanoglu bisa membahas prakontrak dengan klub lainnya. 

Dengan Donnarumma yang hampir bertahan, masalah Milan kini tinggal Calhanoglu. Ternyata, dilansir dari Sky Sports, Direktur Teknik Milan, Paolo Maldini, jauh dari kata santai dalam proses ini. 

Maldini mengaku terus berusaha menggelar negosiasi perpanjangan kontrak. Itu artinya kedua pemain masih dibutuhkan. Bahkan ia menyebut tiap pekan bisa menjadi waktu terjadinya kesepakatan. 

"Kami sedang menggelar negosiasi perpanjangan kontrak dengan Calhanoglu dan GIgio Donnarumma. Saya rasa setiap pekan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mencapai kesepakatan dengan mereka," ujar Maldini kepada Sky Sports.

Jika melihat cara kerja Maldini dan Massara, fans Milan nampaknya diminta untuk bersabar. Seperti saat mendatangkan Sandro Tonaldi musim panas lalu, Milan juga tak tergesa-gesa namun berhasil mengunci kesepakatan di hari-hari terakhir. 

Dalam kasus Calhanoglu, I Rossoneri cuma bisa menawarkan 3 juta euro kepadanya yang meminta 6 juta euro di kontrak barunya. Sebelumnya, gaji pemain Turki ini hanya 2,5 juta euro. 

3. Pengganti Ozil, Ronaldo, atau Dybala?

Situasi menggantung yang dirasakan Calhanoglu di AC Milan ternyata mengundang perhatian klub-klub lain di Eropa. Tercatat, setidaknya empat klub besar dikait-kaitkan dengannya.

Klub-klub itu adalah Ateltico Madrid, Arsenal, Manchester United, dan Juventus. Arsenal serta Juventus disebut-sebut sebagai yang paling berminat pada pemilik nomor 10 di AC Milan dan Turki tersebut. 

Arsenal dikabarkan ingin menjadikan Calhanoglu sebagai pengganti Ozil dan siap memberikan kontrak panjang untuknya. Setali tiga uang, hal yang sama juga ingin dilakukan oleh Juventus yang membutuhkan dirinya sebagai alternatif murah apabila Dybala dan Ronaldo ditendang.