Bola Internasional

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Berkat Firmino, Brasil Tekuk Venezuela

Sabtu, 14 November 2020 09:53 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
© (Photo by Nelson Almeida-Pool/Getty Images)
Timnas Brasil saat selebrasi gol pertama melawan Venezuela. Copyright: © (Photo by Nelson Almeida-Pool/Getty Images)
Timnas Brasil saat selebrasi gol pertama melawan Venezuela.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil laga Brasil vs Venezuela di kualifikasi Piala Dunia 2022, Sabtu (14/11/20) pagi WIB. Brasil menang tipis 1-0 berkat gol Firmino.

Pertandingan antara Brasil melawan Venezuela dalam matchday ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (CONMEBOL) digelar di Stadion Morumbi, Sao Paulo. 

Sejak menit pertama, Brasil yang menurunkan trio Gabriel Jesus, Roberto Firmino, dan Richarison terlihat mendominasi. A Selecao bermain menyerang dan mengancam pertahanan La Vinotinto.

Beberapa pemain Brasil sempat membidik gawang Venezuela yang dijaga Wuilker Farinez. Di menit-menit awal, Brasil sebenarnya sudah bisa mengungguli Venezuela.

Tepatnya pada menit ke-7, Richarlison yang menerima umpan dari Everton Ribeiro sukses menjebol gawang Venezuela, tetapi gol tersebut dianulir karena offside.

© (Photo by Nelson Almeida-Pool/Getty Images)
Ekspresi kecewa pemain Brasil, Richarlison, gagal mencetak gol lawan Venezuela Copyright: (Photo by Nelson Almeida-Pool/Getty Images)Ekspresi kecewa pemain Brasil, Richarlison, gagal mencetak gol lawan Venezuela

Memasuki pertengahan babak pertama, Brasil masih menunjukkan dominasinya. Salah satu peluang emas terjadi pada menit 33 dan lagi-lagi Richarlison nyaris membawa Brasil unggul. Sayangnya, tembakan yang dilesakkan Richarlison masih tipis di pinggir gawang.

Pertandingan berlangsung semakin menegangkan. Namun, hingga babak pertama usai, skor masih imbang, 0-0. 

Babak Kedua

Tensi tinggi mewarnai babak kedua laga Brasil kontra Venezuela di CONMEBOL. Masuk babak kedua, Tite langsung mengganti Douglas Luiz dengan Lucas Paqueta. Eks gelandang AC Milan itu diharapkan bisa memberi suntikan kreativitas yang dibutuhkan timnya.

Brasil akhirnya sukses mencetak gol pertama pada menit ke-67 lewat kaki Roberto Firmino

 Diawali dengan crossing Everton Ribeiro dari sisi kanan gagal diantisipasi dengan sempurna oleh barisan pertahanan Venezuela. 

Bola liar jatuh ke posisi Firmino di depan gawang kemudian pemain Liverpool itu menembakkan bola ke pojok kiri gawang tidak bisa dibendung kiper Venezuela, Wuilker Farinez.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor masih tetap 1-0. Brasil akhirnya sukses memenangi laga melawan Venezuela. Hasil ini membuat Verde-Amarela menjadi pemuncak klasemen sementara zona Amerika Selatan dengan total raihan 9 poin. 

Susunan Pemain

Brasil: 23- E.Moraes, 2-Danilo, 4-Marquinhos, 3-T.Silva, 7-R.Lodi, 10-E.Ribero, 5-Allan, 18-D.Luiz, 9-Gabriel Jesus, 7-Richarlison, 20-Roberto Firmino

Pengganti: 11-Lucas Paqueta, 17-Pedro, 19-Everton Soares, 13-Alex Telles

Pelatih: Tite

Venezuela: 1-W.Farinez, 16-R.Rosales, 3-Y. Osorio, 2-W.Angel, 20-R.Feltscher, 5-J.Moreno, 8-T.Rincon, 17-C.Casseres, 7-D.Machis, 23-J. Rondon, 10-Y.Soteldo

Pengganti: 14-Luis Mago, 21-David Gonzalez, 19-Jefferson Savarino

Pelatih: José Peseiro