Bola Internasional

Yanto Basna, Satu-satunya Jebolan SAD Uruguay yang Berkompetisi di Luar Negeri

Sabtu, 14 November 2020 09:29 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Salah satu jebolan SAD Uruguay, Rudolof Yanto Basna, diketahui menjadi satu-satunya lulusan akademi tersebut yang hingga saat ini masih berkompetisi di liga luar negeri.

Sekadar informasi, Indonesia sendiri sejatinya telah memiliki program pelatihan usia muda yang dikirim ke luar negeri sejak lama. Sebelum munculnya Garuda Select yang saat ini kita kenal, SAD Uruguay telah muncul terlebih dahulu.

SAD Uruguay merupakan program pelatihan usia muda dengan mengirim pemain-pemain berkualitas ke Uruguay. Program ini berjalan dari periode 2008 hingga 2012, yang mana mengalami berbagai perubahan pemain pada setiap angkatan, meskipun ada pula yang tetap bertahan.

Memiliki singkatan dari Sociedad Anonima Deportiva, yang artinya adalah korporasi olahraga, musim pertama SAD Uruguay nyatanya memiliki nama-nama yang sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepak bola Tanah Air.

Sebut saja Alfin Tuasalamony, Zainal Haq, Novri Setiawan, Yandi Sofyan, Alan Martha, Syamsir Alam hingga Dimas Galih Pratama. Lalu pada musim-musim selanjutnya, terdapat beberapa pemain baru yang menghuni SAD Uruguay.

Seperti Rudolof Yanto Basna, Ryuji Utomo, Teja Paku Alam, Awan Setho Raharjo, Bagas Adi Nugroho, Wawan Febrianto, Hansamu Yama Pranata, Maldini Pali, Terens Puhiri, Dinan Javier, Yogi Rahardian, Vava Mario Yagalo, Rizky Pellu, Antoni Putro Nugroho, Zalnando, hingga Manahati Lestusen.

Hingga kini, beberapa nama di atas telah menjadi bintang di klubnya masing-masing. Tidak hanya bintang, tapi juga seakan menjadi ikon baru di klubnya.

Sebut saja Ryuji Utomo atau Novri Setiawan yang kental dengan nuansa jawara Liga 1 2018, Persija Jakarta. Kedua pemain tersebut berposisi sebagai bek, yang mana juga sangat dikagumi oleh fans setianya, The Jakmania.

Lalu ada pula Rizky Pellu, gelandang andalan PSM Makassar yang merupakan jebolan SAD Uruguay angkatan 2009. Bersama skuat Juku Eja, pemain berusia 28 tahun ini menjadi sosok penting bersama Wiljan Pluim di lini tengah klub kebanggaan Kota Makassar ini.

Namun uniknya, ada satu nama dari para jebolan SAD Uruguay yang hingga kini masih berkarier di luar negeri. Dia adalah Rudolof Yanto Basna, bek andalan Timnas Indonesia.