Bola Internasional

6 Pemain Keturunan Indonesia yang Berpotensi Masuk Timnas Belanda U-23

Minggu, 15 November 2020 13:45 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Calvin Verdonk, pemain keturunan Indonesia-Belanda yang kerap dipanggil ke Timnas Belanda segala jenjang umur. Copyright: © Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Calvin Verdonk, pemain keturunan Indonesia-Belanda yang kerap dipanggil ke Timnas Belanda segala jenjang umur.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah enam pemain keturunan Indonesia yang berpotensi dipanggil ke Timnas Belanda U-23. Hal ini menyusul dengan adanya kabar bahwa terdapat satu pemain keturunan yang menolak panggilan PSSI untuk bergabung ke Timnas Indonesia.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia dari segala jenjang ini mengakui bahwa dirinya bersama tim PSSI tengah memantau perkembangan para pemain keturunan Indonesia, yang mungkin bisa ia panggil untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19 nantinya.

Akan tetapi, Shin Tae-yong mengakui bahwa ia tidak akan sembarangan dalam memilih pemain keturunan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Hal utama yang harus dimiliki tentunya adalah harus punya kualitas.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya mengakui ada banyak tahapan yang ia lalui dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin Tae-yong.

Kini Shin Tae-yong pun tak menutup kemungkinan akan kembali memanggil pemain keturunan lainnya. Bisa saja dalam pemusatan latihan selanjutnya, ia akan memanggil pemain baru.

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas Shin Tae-yong.

Tak berselang lama, giliran plt sekjen PSSI, Yunus Nusi memberikan sebuah kabar mengejutkan. Dirinya menuturkan bahwa terdapat satu pemain keturunan Indonesia yang menolak menerima panggilan PSSI.

Hal itu bukanlah tanpa alasan. Yunus Nusi mengabarkan bahwa sang pemain menolak panggilan PSSI untuk bergabung dengan Timnas Indonesia karena akan dipanggil untuk membela Timnas Belanda U-23.

"Kalau diambil jumlah angka (berapa pemain keturunan yang akan bergabung) itu salah. Semua naik turun (kemungkinan pemain keturunan yang akan bergabung)," buka Yunus Nusi kepada awak media.

"Jadi tidaklah (soal 7-9 pemain keturunan). Ada yang oke saat melakukan pendekatan, tapi tiba-tiba dia tidak mau," tambahnya.

"Kemarin ada satu pemain tidak mau sama sekali untuk didekati. Karena dirinya mau diambil Timnas Belanda U-23. Ya sudah, dari sini kita tidak bicara angka, karena pasti beda-beda," tuturnya menjelaskan.

Tentunya hal ini pun menuai beragam reaksi dari para pencinta sepak bola Tanah Air di berbagai macam lini masa media sosial. Pro-kontra tentunya menghiasi setiap opini netizen yang mereka lontarkan.

Di sisi lain, INDOSPORT pun mencoba merangkum beberapa pemain keturunan Indonesia di Negeri Kincir Bambu yang memiliki potensi untuk dipanggil oleh Timnas Belanda U-23.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%