Bola Internasional

Portugal DIkalahkan Prancis, Ronaldo Perpanjang Rekor Memalukan

Minggu, 15 November 2020 07:47 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Carlos Rodrigues/Getty Images
Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Prancis Copyright: © Carlos Rodrigues/Getty Images
Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Prancis

INDOSPORT.COM - Timnas Portugal harus menelan rasa malu usai merasakan kekalahan dari jawara Piala Dunia 2018, Prancis. Kekalahan ini pun memperpanjang rekor memalukan untuk sang megabintang, Cristiano Ronaldo.

Laga big match tersaji dalam pertandingan League A Grup 3 UEFA Nations League antara Portugal vs Prancis di Estadio da Luz, kandang Benfica. Pertandingan ini berlangsung pada Minggu (15/11/20) dini hari WIB.

Pada laga kali ini, kedua tim menurunkan skuat terbaiknya guna mencuri tiga poin penting. Portugal menggunakan formasi 4-2-1-3, dengan Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, dan Joao Felix sebagai juru gedor utamanya. Bruno Fernandes dipercaya sebagai gelandang kreatif yang akan memanjakan ketiganya di lini depan.

Sementara Prancis menggunakan formasi andalan mereka, 4-3-3. Trio Kingsley Coman, Anthony Martial, dan Antoine Griezmann dipercaya sebagai ujung tombaknya. Ketiganya akan disokong oleh Adrien Rabiot, N’Golo Kante, dan Paul Pogba dari lini tengah.

Jalannya pertandingan pun berlangsung cepat bahkan sejak menit awal dibunyikan. Peluang matang pertama didapatkan tuan rumah Portugal melalui tendangan keras Cristiano Ronaldo yang mampu ditepis oleh Hugo Lloris pada menit ke-5.

Prancis pun juga memberi tekanan dan mendapat peluang pada menit ke-10 lewat Kingsley Coman. Sayang tendangan kerasnya mampu ditepis dengan mudah oleh Rui Patricio.

Peluang emas Prancis pun berlanjut di menit ke-12 lewat Anthony Martial yang gagal menaklukan Patricio kendati tinggal berhadapan satu lawan satu.

© Equipe de France
Aksi Anthony Martial dalam pertandingan UEFA Nations League antara Portugal vs Prancis, Sabtu (14/11/20). Copyright: Equipe de FranceAksi Anthony Martial dalam pertandingan UEFA Nations League antara Portugal vs Prancis, Sabtu (14/11/20).

Memasuki menit ke-20, Prancis kembali hampir mencetak gol. Namun tandukan Adrien Rabiot menyambut sepak pojok sedikit melenceng dari gawang Portugal.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh kedua tim di sisa babak pertama pertandingan. Namun hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, tidak ada satupun gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Portugal langsung memberi tekanan. Peluang emas didapatkan di menit ke-49 lewat Bernardo Silva. Beruntung Lloris sigap menyelamatkan gawangnya dari peluang tersebut.

Usaha Portugal mencetak gol pun harus berbuah petaka. Pada menit ke-54, Prancis berhasil mencetak gol lewat N’Golo Kante memanfaatkan bola muntah di depan gawang hasil sepakan Rabiot. Skor 1-0 untuk tim Ayam Jantan.

Pada menit ke-60, Portugal berpeluang menyamakan kedudukan. Sayang tandukan Jose Fonte hanya membentur tiang gawang Prancis.

Di menit ke-65, Martial seakan terus membuang-buang peluang yang diberikan rekannya. Umpan silang Lucas Hernandez gagal ia maksimalkan kala tinggal menceploskan bola di depan gawang.

Portugal kian terkurung dengan serangan balik cepat Prancis. Bahkan beberapa kali lini sayap tim tamu mampu menciptakan peluang matang yang kadang menghasilkan sepak pojok atau ancaman hingga menit ke-75.

Pada menit ke-77, Portugal mendapat peluang emas lewat Ronaldo. Namun ia terlambat menyambut umpan silang untuk menjadi gol karena bola ditanduk keluar oleh Presnel Kimpembe.

Namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Alhasil, Prancis berhasil mengantongi tiga poin dan mempecundangi Portugal di kandangnya sendiri.