Liga Spanyol

3 Rekrutan Terbaik Josep Maria Bartomeu Saat Masih Jadi Presiden Barcelona

Senin, 16 November 2020 14:26 WIB
Editor: Juni Adi
© Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Luis Suarez tampak pasrah usai Barcelona dibantai Bayern Munchen di Liga Champions Copyright: © Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Luis Suarez tampak pasrah usai Barcelona dibantai Bayern Munchen di Liga Champions

INDOSPORT.COM - Josep Maria Bartomeu resmi tidak lagi menjabat sebagai Presiden Klub Barcelona, setelah ia memutuskan untuk mundur pada Rabu (28/10/20) lalu.

Keputusan tersebut diambil setelah adanya rentetan konflik internal Barcelona sejak dua musim terakhir, salah satunya dengan sang megabintang Lionel Messi.

Imbasnya, performa Barcelona menurun hingga puncaknya ketika mereka di bantai 2-8 oleh Bayern Munchen di babak perempatfinal Liga Champions musim lalu. 

Hasil tersebut membawa Messi kecewa terhadap kinerja direksi klub, dan juga membuat para fans mendesak mundur Bartomeu dari kursi presiden klub.

Josep Maria Bartomeu sendiri terpilih sebagai presiden Barcelona pada tahun 2014 setelah pengunduran diri Sandro Rossel.

Setelah menjabat, dirinya terlihat membawa semangat baru ke Barcelona untuk mereka mendominasi liga dan sepak bola Spanyol.

Hal itu dibuktikan ketika ia sukses mendaratkan sejumlah pemain berkualitas dalam enam musim terakhir, guna menambah kualitas Barcelona. Lantas, siapa saja pemain terbaik hasil rekrutan saat Bartomeu masih menjadi presiden klub? Berikut INDOSPORT ulas:

1. Luis Suarez

Luis Suarez jadi pembelian terbaik sepanjang sejarah Josep Maria Bartoemu menjabat sebagai presiden klub di Barcelona. 

Diboyong pada tahun 2014 dari Liverpool, penyerang asal Uruguay itu sukses jadi tandem Lionel Messi yang mematikan, bersama juga dengan Neymar.

Beberapa gelar yang berhasil dipersembahkan oleh Luis Suarez di Barcelona diantaranya adalah merebut treble winner. 

Enam musim di Camp Nou, Suarez mencetak 198 gol yang mengesankan hanya dalam 283 pertandingan saat raksasa Catalan mendominasi sepak bola Spanyol. 

Namun, Suarez terpaksa keluar dari klub tersebut pada musim ini dan bergabung dengan Atletico Madrid.

2. Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen adalah pemain lain yang diboyong Bartomeu di tahun 2014, dengan nilai transfer 12 juta euro dari Borussia Monchengladbach.

Setelah awalnya bermain sebagai pelapis Claudio Bravo, Ter Stegen menjadi kiper pilihan pertama klub setelah pemain Chile itu pindah ke Manchester City. Pemain Jerman itu tidak tergantikan hingga saat ini.

Dalam enam musim, Ter Stegan sejauh ini telah membuat 236 penampilan dan telah memenangkan 12 gelar bersama Blaugrana.

3. Ivan Rakitic

Terakhir ada nama Ivan Rakitic. Pemain internasional asal Kroasia itu dibawa dari Sevilla pada tahun 2014, senilai 15 juta pounds. 

Sempat kesulitan untuk bisa menembus skuat utama Barcelona besutan Luis Henrique, Rakitic akhirnya mampu membuktikan diri untuk jadi gelandang andalan di lini tengah Blaugrana.

Sang gelandang menjalani musim debut yang mengesankan saat Barcelona memenangkan treble tahun itu. Dia adalah salah satu pemain kunci Blaugrana yang mendominasi pentas domestik.

Penulis: Tomy Wijanarko

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%