Bola Internasional

Hasil Pertandingan UEFA Nations League Belgia vs Inggris: The Three Lions Tak Berdaya

Senin, 16 November 2020 04:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© twitter.com/England
Harry Kane berduel dengan para pemain Belgia. Copyright: © twitter.com/England
Harry Kane berduel dengan para pemain Belgia.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Liga A grup 2 UEFA Nations League antara Belgia vs Inggris, Senin (16/11/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Sejak peluit dimulainya pertandingan dibunyikan, baik Belgia dan Inggris sama-sama mencoba menekan lawan-lawannya. Namun The Three Lions lah yang pertama kali mendapat peluang lewat aksi solo Harry Kane di menit ke-2.

Kengototan Inggris di awal laga nyatanya tak berbuah manis. Malahan Belgia yang terlihat banyak memainkan bola di tengah, berhasil mengejutkan tim tamu.

Pada menit ke-10, Belgia mampu mencetak gol apik lewat sepakan keras Youri Tielemans dari luar kotak penalti memanfaatkan bola pantul dari Romelu Lukaku. Skor menjadi 1-0 untuk tim tamu.

Inggris pun lantas tersengat dan coba membalas. Jack Grealish hampir menyamakan kedudukan semenit kemudian andai sepakannya dari jarak dekat tidak diblok oleh Jan Vertonghen hingga menciptakan sepak pojok.

Sepak pojok ini pun hampir membuat kedudukan seimbang saat Harry Kane menanduk bola. Beruntung ada Lukaku yang berhasil menanduk bola tepat di depan gawang Belgia.

Memasuki menit ke-20, tempo permainan mulai menurun. Nampak kedua tim tengah mencari celah untuk mencetak gol. Permainan bola panjang pun diperagakan sehingga penyerang kedua tim sulit mendapat suplai bola yang baik.

Pada menit ke-23, Inggris lagi-lagi harus kebobolan. Kali ini lewat tendangan bebas Dries Mertens. Jordan Pickford harus kembali memungut bola dari gawangnya usai ia gagal menghadang sepakan melengkung Mertens ke sisi kanan gawangnya. Skor menjadi 2-0.

Hingga menit ke-30, Inggris masih terus mencoba menggempur pertahanan Belgia yang dikomandoi Vertonghen. Rapatnya pertahanan membuat The Three Lions pun harus kesulitan di setiap usahanya.

Memasuki menit ke-40, permainan pun dikuasai Inggris. Meski  begitu Belgia nampak solid. Kengototan The Three Lions dalam menyerang pun sempat berbuah bencana karena andalannya, Ben Chilwell harus ditarik keluar.

Hingga babak pertama usai, tak ada peluang yang menghasilkan gol. Skor 2-0 untuk keunggulan Belgia bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Inggris pun nampak mulai menekan Belgia di babak kedua. Usaha The Three Lions meruntuhkan solidnya pertahanan Belgia pun terlihat menemui titik gagal hingga 5 menit jalannya pertandingan.

Pada menit ke-51, Inggris pun mendapat peluang emas dari situasi bola mati tepat di depan kotak 16 Belgia. Sayang, tendangan bebas Mason Mount melambung jauh dari gawang yang dijaga Thibaut Courtois.

Selanjutnya tendangan bebas didapatkan Inggris kembali tepat di depan kotak 16 Belgia. Kali ini Jack Grealish yang dijatuhkan oleh Thomas Meunier.  Kieran Trippier pun menjadi eksekutor. Namun sepakannya gagal menembus pagar betis Belgia dan malah mengenai badan rekannya.

Memasuki menit ke-60, Belgia nampak mengendurkan permainan dan Inggris pun menguasai jalannya pertandingan. Penguasaan bola yang ditunjukkan The Three Lions pun hampir berujung gol lewat sepakan Jack Grealish.

Memasuki menit ke-70, Belgia hanya sesekali melakukan serangan lewat serangan balik karena dikurung habis-habisan oleh Inggris yang mencoba mengejar ketertinggalan. Usaha anak asuh Gareth Southgate pun tak kunjung membuahkan hasil hingga 25 menit babak kedua berjalan.

Untuk mengatasi serangan yang tumpul, Inggris pun memasukkan Dominic Calvert-Lewin dan Jadon Sancho di menit ke-70 untuk menggantikan Mason Mount dan Kieran Trippier.

Serangan Inggris pun hampir menjadi bencana kembali saat Belgia melakukan serangan. Lukaku yang di babak kedua ini terlihat pasif, hampir saja mencetak gol. Beruntung Pickford mampu menghadang bola dengan kakinya di menit ke-77.

Pada menit ke-82, Harry Kane hampir mencatatkan namanya di papan skor. Namun sepakan kerasnya melenceng dari gawang Belgia dan nampak tak membuat Courtois kesulitan.

Hingga berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-0 mengakhiri laga Belgia vs Inggris di pertandingan kelima Liga A grup 2 UEFA Nations League 2020.

Susunan Pemain:

Belgia (3-4-2-1):

Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, Witsel, Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Kevin De Bruyne; Lukaku

Inggris (3-4-2-1):

Pickford; Mings, Dier, Walker; Trippier, Rice, Henderson, Chilwell; Grealish, Mount; Harry Kane