Liga Inggris

Mason Greenwood, 'The Next Van Persie' Gagal?

Senin, 16 November 2020 21:07 WIB
Editor: Juni Adi
© Mike Hewitt/Getty Images
Mason Greenwood dari Manchester United berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Brighton. Copyright: © Mike Hewitt/Getty Images
Mason Greenwood dari Manchester United berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Brighton.

INDOSPORT.COM - Penampilan penyerang muda Manchester United, Mason Greenwood tengah menjadi sorotan. Pasalnya, klub berjuluk Setan Merah itu mesti menunda kontrak baru pemain 19 tahun tersebut karena kecewa dengan sikapnya di luar lapangan.

Nama Greenwood seketika menjadi pembicaraan pada musim 2019/20 lalu. Masih berusia 18 tahun, ia menjelma menjadi winger berbahaya ketika pemain seperti Jesse Lingard atau Juan Mata gagal tampil optimal.

Ia mampu memberi banyak opsi bagi pelatih Ole Gunnar Solskjaer di lapangan. Greenwood bisa bermain sebagai gelandang serang, namun dia juga bisa lebih ganas jika ditaruh sebagai penyerang sayap.

Ia telah tampil pada 31 laga Liga Inggris musim lalu, dan 12 di antaranya sebagai pemain inti. Torehan pun sangat apik bagi pemain seusianya, yakni 10 gol di liga.

Namun, ia gagal mengawali musim 2020/21 dengan baik. Tampil dalam lima dari tujuh laga awal Setan Merah di liga, catatan golnya masih nol.

Nama Greenwood sempat disebut-sebut sebagai The Next Van Persie. Caranya menggiring bola dan mencetak gol mengingatkan kita pada legenda Belanda tersebut.

"Greenwood akan menjadi pemain hebat di masa depan yang istimewa. Ia bisa menjadi Robin van Persie yang baru, di mana mereka punya gaya bermain dan cara mencetak gol yang mirip,"ujar bek kiri Man United, Luke Shaw dikutip dari Mirror, Senin (16/11/20).

Sang pelatih, Solskjaer juga sangat yakin bakat besar Greenwood akan terus terpancar dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu Solskjaer pun memberinya banyak kesempatan tampil di tim utama.

Pelatih asal Norwegia itu bahkan cenderung melindungi sang pemain. Pasalnya, saat Greenwood absen karena sedang dihukum klub karena tindakan indisipliner, Solskjaer justru berbicara kepada media bahwa sang pemain sedang dalam kondisi tidak bugar.

Jurnalis Mirror, Steve Bates, mulai melihat ada nada pesimis dari banyak pihak tentang sebutan The Next Van Persie yang melekat pada Greenwood. Berbagai tindakan kurang disiplin bisa membawanya gagal dalam menunjukkan potensi besarnya.

Bahkan menurut Steve Bates, Greenwood bisa saja mengulangi apa yang dilakukan Ravel Morrison. Manajemen Setan Merah pun berharap agar Greenwood tak menghindari hal konyol seperti Morrison yang berujung pada hilangnya karier di Man United.