Liga Indonesia

Karena Timnas U-19, Pelatih Akademi PSM Kecewa dengan Shin Tae-yong

Selasa, 17 November 2020 20:18 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Pribadi
Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra. Copyright: © Dok. Pribadi
Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra.

INDOSPORT.COM - Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra, kecewa berat dengan keputusan Shin Tae-yong tidak memanggil satu pun anak didiknya ke Tim Nasional (Timnas) U-19.

Pada Jumat (13/11/20) lalu, Shin Tae-yong merilis 38 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, hingga 23 November mendatang.

Pemusatan latihan tersebut menjadi salah satu rangkaian persiapan skuat Garuda Nusantara untuk bersaing diajang Piala AFC U-19 yang akan dihelat di Uzbekistan pada Maret 2021 mendatang.

"Sebenarnya kalau mau dibilang kecewa ya tentu kami kecewa karena tidak ada satu pun pemain yang dipanggil," ungkap Eric Saputra saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (17/11/20).

Menurut Eric, setidaknya ada tujuh anak didiknya yang layak mendapatkan panggilan. Ketujuh pemain tersebut ialah mereka yang baru saja promosi ke skuat senior PSM Makassar beberapa bulan lalu.

Mereka antara lain ialah Muhammad Farhan Rahman, Prince Patrick Kallon, Muhammad Fahri, Muhammad Rivky Maulana, plus tiga alumni skuat Garuda Select II yakni Renaldi, Edgard Amping, dan Muhammad Rafli Asrul.

Terkhusus dua nama terakhir, Eric sendiri mengaku mahfum sebab Edgard Amping dan Muhammad Rafli Asrul saat ini kembali dipanggil oleh Denise Wise mengikuti program Garuda Select jilid III.

"Sebelumnya ada tujuh pemain yang dipromosikan ke skuat senior dan saya telah berkonsultasi dengan para pelatih. Herrie Setyawan mengaku sangat senang dengan ketujuh pemain ini," jelas Eric.

"Katanya, performa ketujuh pemain ini tidak mengecewakan, justru membuat seluruh jajaran pelatih di skuat senior senang dan sangat berharap untuk dipanggil ke timnas," tambah dia lagi.

Menurut Eric, talent scouting PSSI harus mampu merangkul seluruh pesepak bola belia di seluruh pelosok Indonesia untuk bergabung ke timnas. Paling tidak, mendapat kesempatan mengikuti seleksi guna membuktikan kualitas secara langsung.

"Satu hal yang menjadi masalah juga adalah usia ketujuh pemain ini. Jika tahun depan baru dipanggil maka ada beberapa yang sudah tidak bisa karena sudah lewat batasan usia," kata Eric Saputra.

"Padahal tahun ini beberapa pemain kami sudah layak mendapat panggilan setidaknya untuk ikut seleksi. Tapi kami juga tidak tahu dan bingung dengan sistem yang dipakai oleh talent scouting PSSI," pungkasnya.

Meski demikian, Eric Saputra dan seluruh pelatih di Akademi PSM Makassar tetap menggembleng anak didiknya sembari berharap Shin Tae-yong memberi kesempatan kepada pemain lain untuk bergabung ke Timnas U-19.