Liga Indonesia

Raih Lisensi C, Kiper Liga 1 Asal Jakarta Siap Terapkan Ilmu Kepelatihan

Rabu, 18 November 2020 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kiper Barito Putera, Aditya Harlan dalam jumpa pers. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kiper Barito Putera, Aditya Harlan dalam jumpa pers.

INDOSPORT.COM - Setelah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC yang digelar PSSI di Bali, awal November lalu, kiper Liga 1 asal Jakarta, Aditya Harlan siap menerapkan ilmu yang didapatnya untuk menjadi pelatih.

Aditya Harlan merupakan salah satu pemain senior Barito Putera di Liga 1. Tentu ia mulai menatap jenjang karier yang lebih tinggi lagi, yakni sebagai pelatih kiper. Kompetensinya memang sangat dibutuhkan.

Kiper yang akrab disapa Adhit itu pun sudah menuntaskan kursus lisensi C AFC pada Senin (16/11/20), dan sudah memenuhi kualifikasi andai ingin berkarier sebagai pelatih untuk kelompok usia muda.

“Pengalaman yang luar biasa bagi saya, Insha Allah ilmu yang saya dapat ini kelak harus saya bagikan, karena inilah dasar yang baik bagaimana kita menjadi pelatih nanti dalam menangani sebuah klub, entah di usia muda maupun profesional,” ujar Aditya Harlan.

Meski sempat mengalami kendala lantaran langsung mengikuti level C AFC, dan juga berstatus sebagai kiper, pemain berusia 33 tahun itu mengaku puas dengan ilmu yang ia dapat selama menjalani kursus.

“Kendala pasti ada, karena sebagian dari kami langsung ke lisensi C, dan materinya banyak sekali, ilmu yang seharusnya pelatih tahu agar tidak terjadi kesalahpahaman, contohnya Law of The Game," jelas Adhit.

Selain Aditya Harlan, pemain Barito Putera lainnya yang juga mengikuti kursus lisensi C AFC yakni Rizky Rizaldi Pora. Kedua pemain berpeluang menerapkan ilmu yang didapat dengan menjadi asisten pelatih di klub.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%