Bola Internasional

UEA, Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia di Ambang Kehancuran

Kamis, 19 November 2020 22:36 WIB
Editor: Isman Fadil
© Media PSSI
Dendi Santoso saat mengontrol bola di laga melawan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Media PSSI
Dendi Santoso saat mengontrol bola di laga melawan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Uni Emirat Arab (UEA) yang juga lawan Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 diterpa kabar tidak sedap. Sejumlah pemain UEA dikabarkan sudah tak percaya lagi dengan sang pelatih, Jorge Pinto.

Pelatih asal Kolombia itu ditunjuk Federasi sepakbola Uni Emirat Arab (UAEFA) pada Juni lalu untuk bisa membawa salah satu negara Timur Tengah itu lolos ke Piala Dunia 2022.

Pinto menggantikan posisi Ivan Jovanovic yang dianggap gagal dalam empat pertandingan awal Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah pandemi virus Corona merebak.

Namun beberapa bulan setelah menjadi pelatih UEA, Pinto justru mendapatkan pemberontakan dari pemainnya. 

Menurut laporan dari surat kabar Al Bayan, yang dikutip dari Dubai Sports, para pemain UEA mengecam metode latihan Jorge Pinto yang membuat sejumlah anak asuhnya cedera.

UAEFA sendiri sudah melakukan upaya mediasi dengan mempertemukan Jorge Pinto dan pemain UEA. Akan tetapi pertemuan tersebut menemui jalan buntu, setelah para pemain UEA bersikeras meminta mantan pelatih Hondura di Piala Dunia 2014 itu segera dipecat.

"Komite timnas dari UAEFA merasa kesulitan menyatukan Pinto dan pemain UEA, karena hampir mustahil hubungan mereka pulih kembali," demikian keterangan dari surat kabar, Al Bayan.

Sebelum kembali tarung di Kualifikasi Piala Dunia 2022, UEA sudah melakoni dua laga uji coba bulan November ini. Sempat menang 3-2 atas Tajikistan, tim berjuluk Al Abyad takluk 1-3 dari Bahrain.

UEA berada dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia bersama Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Armada Jorge Pinto masih dijadwalkan bertemu skuat Garuda pada leg kedua.