Liga Indonesia

Pelatih Akademi PSM Beri Usul ke Shin Tae-yong untuk Timnas U-19

Kamis, 19 November 2020 08:37 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Pribadi
Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra Copyright: © Dok. Pribadi
Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra

INDOSPORT.COM - Pelatih Akademi PSM Makassar, Eric Saputra, memberi usulan kepada Shin Tae-yong terkait pemanggilan pemain ke Tim Nasional (Timnas) U-19 dan kelompok umur lainnya.

Kecewa lantaran tak ada satu pun anak didiknya mendapat pemanggilan ke pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Eric lantas berharap Shin Tae-yong tidak melulu mengikutkan muka-muka lama.

Eric menyebut, setidaknya ada tujuh anak didiknya yang layak dicoba oleh pelatih sepak bola asal Korea Selatan tersebut. Terlebih lagi, ketujuh pemain itu baru saja promosi ke skuat senior PSM Makassar.

Mereka antara lain ialah Muhammad Farhan Rahman, Prince Patrick Kallon, Muhammad Fahri, Muhammad Rivky Maulana, plus tiga alumni skuat Garuda Select II yakni Renaldi, Edgard Amping, dan Muhammad Rafli Asrul.

"Saya fikir, ketujuh pemain ini dan masih banyak lagi yang ada di pelosok Indonesia layak setidaknya dipanggil untuk ikut seleksi dulu," ungkap Eric Saputra kepada INDOSPORT, Rabu (18/11/20).

"Kalau memang tidak cocok dengan tipe dan karakter permainan pelatih Shin Tae-yong kan tinggal dikembalikan saja ke klub asalnya," tambah Eric lagi via sambungan telepon seluler.

Oleh karena itu, Eric Saputra berharap jajaran tim kepelatihan Timnas U-19 dapat mencontoh sistem Garuda Select yang mengadakan seleksi pemain secara besar-besaran untuk menentukan siapa yang terbaik.

"Kami mengirim lima pemain untuk ikut seleksi dan hanya dua yang lolos. Kalau seperti itu tidak ada masalah karena mereka yang tidak lolos dianggap kalah bersaing dengan pemain lain," tutur Eric.

"Harusnya Timnas U-19 juga seperti itu, meminta setiap klub Liga 1 yang mempunyai akademi untuk mengirim pemain terbaiknya mengikuti seleksi biar kualitasnya bisa dilihat secara langsung," tambah dia.

Menurut Eric, Indonesia mempunyai banyak pesepak bola belia dengan masa depan cerah. Namun, mereka yang hidup di daerah pelosok sangat minim mendapatkan wadah untuk bisa membuktikan kualitasnya.

"Mau sebagus bagaimanapun pemain tapi kalau tidak mendapatkan wadah untuk menunjukkan diri dihadapan pelatih juga kan sia-sia juga. Ada banyak pemain berkualitas tapi tidak memiliki jembatan ke timnas," tandasnya.

Meski kecewa, Eric Saputra tetap menggembleng anak didiknya di Akademi PSM Makassar sembari berharap Shin Tae-yong membuka mata untuk mencoba wajah-wajah baru di Timnas Indonesia U-19.