Liga Indonesia

Eks Pelatih Kiper Persib dan Timnas Ini Nilai Ricky Yacobi Panutan

Sabtu, 21 November 2020 21:47 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Yohanes Ishak/INDOSPORT
Mantan pelatih kiper Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, merasa kehilangan sosok Ricky Yacobi yang meninggal dunia, akibat serangan jantung. Copyright: © Yohanes Ishak/INDOSPORT
Mantan pelatih kiper Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, merasa kehilangan sosok Ricky Yacobi yang meninggal dunia, akibat serangan jantung.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih kiper Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, merasa kehilangan sosok Ricky Yacobi yang meninggal dunia, akibat serangan jantung, Sabtu (21/11/20).

Sebagai informasi, legenda Timnas Indonesia tersebut bermain dalam laga persahabatan "Trofeo Medan Selection" yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Ricky yang mencetak gol dan berselebrasi tiba-tiba jatuh tersungkur. 

Pemain kelahiran Medan ini sempat mendapat perawatan pertama dan dilarikan ke Rumah Sakit AL Mintohardjo. Sayang, nyawa Ricky tak tertolong.

"Kita telah kehilangan seorang legend, pemain besar syarat prestasi, semoga semua prestasi yang telah beliau berikan untuk sepak bola Indonesia, Ilmu dan pengalaman yang telah beliau dibagikan kepada pemain-pemain junior, serta jerih payah beliau melatih talenta talenta muda akan menjadi ladang amal kebaikan beliau. Selamat jalan Legend semoga Allah berikan tempat yang terbaik. Aamiin," kata Gatot, Sabtu (21/11/20).

Gatot mengaku, saat masih berkarir sebagai pemain sepak bola, belum pernah bertanding menghadapi Ricky. Pasalnya, saat itu ia baru masuk ke tim senior sedangkan Ricky sudah lebih terjun sebagai pemain sepak bola profesional.

"Beliau dua tingkat di atas saya, jadi saya belum sempat sepermainan dengan beliau," ungkapnya

Meski begitu, Gatot sempat bertemu dengan Ricky saat ia bertugas menjadi pelatih penjaga gawang timnas Indonesia U-16. Saat itu, timnas U-16 dilatih oleh Fakhri Husaini.

"Terakhir jumpa beliau saat saya membantu Coach Fakhri Husaini besut timnas U-16 2018. Almarhum sebagai ketua bidang pembinaan usia dini di PSSI," kenangnya.

Meski jarang bertemu langsung dengan Ricky, namun mantan penjaga gawang Persib ini menilai, almarhum merupakan legend sepak bola yang penuh dengan prestasi dan ramah kepada siapapun. Hal itu, menjadi salah satu yang tidak biasa dilupakan oleh Gatot  dari sosok Ricky Yacobi.

"Beliau sosok yang low profil, ramah di balik syaratnya prestasi. Selalu wellcome untuk hal seputar sepak bola. Beliau sosok panutan," tegas Gatot.

Sementara itu, Ricky Yacobi merupakan anggota Timnas Indonesia yang meraih medali emas SEA Games 1987. Selain itu, ia juga merupakan striker tajam di pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an dan sempat memperkuat PSMS Medan dan Arseto Solo.