Liga Champions

Bakal Mainkan Mo Salah di Liga Champions, Liverpool Langgar Aturan COVID-19?

Rabu, 25 November 2020 15:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Sebastian Frej/MB Media/Getty Images
Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino Copyright: © Sebastian Frej/MB Media/Getty Images
Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino

INDOSPORT.COM – Liverpool memanfaatkan celah dalam peraturan protokol pencegahan virus corona Liga Inggris saat mendatangkan Mohamed Salah hanya lima hari setelah dia dinyatakan positif.

Liverpool dijadwalkan akan menghadapi Atalanta untuk lanjutan Liga Champions yang digelar pada  hari Kamis (26/11/20) dini hari WIB di Anfield.

Jelang laga tersebut, The Reds mendapatkan angin segar karena penyerang andalan mereka, Mohamed Salah, kemungkinan akan dimainkan. Dia bahkan sudah menjalani latihan bersama rekan setim sejak Senin kemarin.

Seperti diketahui, sebelumnya Mohamed Salah sempat diragukan kembali membela Liverpool karena mendapati dirinya tertular virus corona ketika sedang bertugas untuk timnas Mesir pada jeda internasional.

Meski masih terjangkir virus, Liverpool nekat menerbangkan Salah dengan jet pribadi dari Mesir ke Inggris. Media Sun Sport sendiri memahami bahwa keputusan raksasa Merseyside melakukan hal itu tidak salah sepenuhnya.

Dalam aturan Liga Inggris disebutkan bahwa seorang pemain tidak bisa berlatih atau bermain selama sepuluh hari setelah tes positif. Sementara aturan tersebut sedikit kabur karena sepuluh hari dihitung dari tes positif awal.

Di sisi lain,  Salah mendapati dirinya positif dalam dua kali tes, dan yang tes kedua dijalani pada hari Rabu pekan lalu, saat dirinya masih membela timnas Mesir. Namun peraturan pemerintah mengatakan periode karantina diambil dari setiap tes, bukan dari tes awal.

Sementar itu, hukum Inggris menyatakan: “Jika Anda memiliki gejala, sepuluh hari dimulai dari saat gejala itu dimulai. Jika Anda tidak mengalami gejala, sepuluh hari dimulai dari saat Anda menjalani tes.”

Dari aturan inilah, Liverpool jelas tidak melanggar aturan Liga Inggris saat memanggil  Salah kembali ke dalam skuat. UEFA bahkan mengizinkan pemain untuk bermain setelah masa karantina seminggu.

Kabar Salah bisa dimainkan di laga kontra Atalanta disampaikan langsung oleh pelatih Liverpool, Juergen Klopp, dalam konferensi pers pra-pertandingan.

Menurut penuturan Klopp, jika tidak ada halangan, striker berusia 28 tahun itu pun bisa diturunkan untuk menghadapi Atalanta.

"Mo berlatih dengan tim dan terlihat sangat bagus," ucap Klopp seperti dilansir dari laman resmi Liverpool.

"Hasil tesnya negatif, begitu juga dengan yang lainnya. Jadi, jika semua tetap seperti itu, dia bisa dimainkan."

"Sekarang kami harus melihat apa yang kami lakukan dengan itu karena dia dikarantina hingga tiga hari lalu," kata Klopp menambahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%