Liga Inggris

Gol Salah Dianulir VAR, Mantan Wasit Liga Inggris Kritik Keras Penggunaan Garis Offside

Minggu, 29 November 2020 16:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Mantan wasit Liga Inggris, Mark Halsey mengkritik keputusan VAR yang menganulir gol Mohamed Salah untuk Liverpool ketika melawan Brighton and Hove Albion. Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Mantan wasit Liga Inggris, Mark Halsey mengkritik keputusan VAR yang menganulir gol Mohamed Salah untuk Liverpool ketika melawan Brighton and Hove Albion.

INDOSPORT.COM - Mantan wasit Liga Inggris, Mark Halsey mengkritik keputusan VAR yang menganulir gol Mohamed Salah untuk Liverpool ketika melawan Brighton and Hove Albion di Amex Stadium pada Sabtu (29/11/20).

Selama 14 tahun bertugas di Liga Inggris, Halsey mengatakan bahwa masalah offside hanya soal fakta pemain sejajar dengan lawan atau tidak, bukan persoalan mengukur setipis apa jarak antara pemain dengan lawan.

Halsey menyatakan bahwa garis yang ditampilkan saat VAR meninjau insiden offside harus segera dihapus jika kontroversi seperti ini tidak ingin terulang lagi, dan harus dinilai dengan 'mata telanjang'.

"Liverpool memiliki dua gol yang dianulir karena offside dan kami tahu offside adalah faktanya," kata Halsey kepada CaughtOffside.

"Jika Anda melihat Salah, itu sangat tipis, dan saya pikir saat itu memang sangat tipis dan butuh waktu lama untuk meninjaunya, kami ingin melihat gol sekaliber itu diberikan, karena itu sangat tipis".

"Beda dengan Mane, karena di tayangan ulang pertama Anda bisa melihat dengan jelas bahwa dia offside, jadi tidak ada masalah dengan itu".

"Singkirkan garis-garis ini, dengan Salah, itu lebih forensik daripada dengan Mane. Tayangan ulang pertama menunjukkan Mane offside sedangkan dengan Salah, Anda tidak bisa melihatnya."

Dianulirnya gol Salah pada laga ini cukup merugikan bagi Liverpool, karena The Reds gagal meraih kemenangan dan harus puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Brighton and Hove Albion.

The Reds unggul lebih dulu melalui gol Diogo Jota sebelum disamakan pada menit tambahan waktu babak kedua melalui tendangan penalti Pascal Gross, tendangan penalti yang diperoleh berkat tinjauan VAR.

Tambahan satu poin untuk sementara membuat Mohamed Salah dkk berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 21 poin. Posisi Liverpool masih belum aman dan berpotensi turun andai rival di bawahnya memenangkan laga pekan ke-10.

PENULIS: DWI PRIMA PUTRA