Liga Inggris

Bintangi Kemenangan Manchester United, Edinson Cavani Malah Dihujat Netizen

Senin, 30 November 2020 03:24 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Edinson Cavani dihujani hujatan netizen karena dugaan rasis usai membintangi kemenangan 3-2 Manchester United atas Southampton, Minggu (29/11/20). Copyright: © Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Edinson Cavani dihujani hujatan netizen karena dugaan rasis usai membintangi kemenangan 3-2 Manchester United atas Southampton, Minggu (29/11/20).

INDOSPORT.COM - Edinson Cavani dihujani hujatan netizen karena dugaan rasis usai membintangi kemenangan 3-2 Manchester United atas Southampton, Minggu (29/11/20).

Masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua, Edinson Cavani mencetak dua gol pada menit ke-74 dan 90+2 guna mempersembahkan comeback fantastis Manchester United yang sempat tertinggal 0-2.

Setelah pertandingan Liga Inggris di St Mary's Stadium itu, Edinson Cavani aktif di Instagram. Menurut laporan Mirror, dia me-repost Insta Story seseorang yang mengucapkan selamat atas dua golnya.

Striker asal Uruguay itu merespons dengan balasan: gracias negrito. Kata 'negrito' yang menjadi masalah kendati itu merupakan slang bahasa Spanyol, kata sapaan kasual yang bisa berarti' Bro'.

© Instagram @cavaniofficial21
Pemain Manchester United, Edinson Cavani, diduga mengucapkan kata rasis di media sosial. Copyright: Instagram @cavaniofficial21Pemain Manchester United, Edinson Cavani, diduga mengucapkan kata rasis di media sosial.

Namun, 'negrito' pada dasarnya berbau rasis lantaran juga merupakan panggilan mengejek warna kulit hitam. Hal inilah yang menjadi masalah bagi Edinson Cavani.

Sejumlah netizen membandingkan masalah ini dengan kasus mantan pemain Liverpool, Luis Suarez, yang diberikan skorsing delapan pertandingan oleh federasi sepak bola Inggris (FA) karena memakai kata 'negrito' kepada eks bek Manchester United, Patrice Evra.

Luis Suarez memang mengakui berbicara kata itu ke Evra, tapi menekankan bahwa itu punya arti lain yang tidak rasis dalam bahasa Spanyol.

Apapun alasan Luis Suarez, ia tetap mendapat hukuman. Hal inilah yang netizen utarakan agar Edinson Cavani mendapat perlakukan yang sama.

"Saya menebak Cavani mendapat perlakuan yang sama dengan Suarez," salah satu netizen menulis.

"Saya harap fans Manchester United punya energi yang sama terkait Cavani seperti yang mereka luapkan ke Suarez. Keduanya salah. Keduanya mengucapkan hal yang sama. Tak ada alasan," tulis netizen lainnya.

"Wow, Cavani seorang rasis," begitu komentar lain yang dikutip Mirror.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%