Liga Spanyol

Takut Didenda, Barcelona Hapus Tweet Penghormatan Messi untuk Maradona

Selasa, 1 Desember 2020 21:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ezra Shaw/Getty Images
Diego Maradona dan Lionel Messi. Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Diego Maradona dan Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Barcelona menghapus postingan yang memperlihatkan selebrasi Lionel Messi untuk menghormati mendiang legenda Diego Maradona. Selain karena kecaman netizen, ancaman denda juga menjadi alasan lainnya.

Kapten Lionel Messi melepas baju Barcelona saat merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Osasuna dalam pertandingan pekan ke-11 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (29/11/20).

Saat berselebrasi gol, striker 33 tahun itu memisahkan diri lalu melepas jersey Blaugrana, dan memperlihatkan jersey kedua yang dia kenakan dalam pertandingan tersebut.

Jersey tersebut ternyata milik klub masa kecilnya Newell's Old Boys. Aksi ini dilakukan Messi sebagai bentuk penghormatan kepada mendiang Diego Maradona yang meninggal pada Rabu (25/11/20).

Barcelona kemudian mengunggah foto saat momen selebrasi tersebut di akun media sosial mereka, dengan mengklaim bahwa foto tersebut telah membuat raksasa Catalan memecahkan rekor di media sosial.

© Sportbible
Pesan Barcelona di Twitter yang dihapus Copyright: SportbiblePesan Barcelona di Twitter yang dihapus

Tak bisa memungkiri bahwa postingan tersebut telah mendapatkan 20 juta interaksi di story mereka dan 44 juta tayangan di dalam ungghan mereka di Twitter. Namun, tak berselang lama, klub terpaksa menurunkan postingan tersebut lantaran kontroversi yang ditimbulkan terhadap aksi tersebut.

Di mata netizen, postingan tersebut justru dianggap sebagai bentuk kesombongan tim dan juga perilaku yang tidak tahu malu. Dipahami, Barcelona bisa jadi memanfaatkan momen kepergian Maradona untuk menaikkan citra mereka sebagai klub besar di dunia maya.

Lebih dari itu, Barcelona mungkin khawatir dengan ancaman denda yang bakal mereka hadapi bila tetap membiarkan postingan itu tetap ada di akun mereka.

Penghormatan itu melanggar aturan Federasi Sepak Bola Spanyol, sehingga Barcelona terkena denda. Setidaknya, Barcelona bisa dikenai denda denda sebesar 3.000 euro atau sekitar Rp51 juta, karena hal tersebut.

Messi dan Maradona tidak saja sama-sama berasal dari Argentina dan pernah bermain untuk Barcelona, tetapi keduanya memiliki sejarah dengan Newell's Old Boys.

Sebelum gabung dengan akademi Barcelona, La Masia, Messi merupakan pemain tim muda Newell's. Begitu juga dengan Maradona yang pernah bermain untuk klub Argentina tersebut meskipun hanya sebentar, pada musim 1993 sebelum kembali ke Boca Juniors.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%