In-depth

Koeman Takabur, Luis Suarez Masih Lebih Baik dari Striker Barcelona Mana pun

Sabtu, 5 Desember 2020 23:06 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Angel Martinez/Getty Images
Ronald Koeman harus terkena batunya setelah membuang Luis Suarez dari Barcelona, sebab striker Uruguay itu kini malah jadi top skor di tim rival, Atletico. Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Ronald Koeman harus terkena batunya setelah membuang Luis Suarez dari Barcelona, sebab striker Uruguay itu kini malah jadi top skor di tim rival, Atletico.

INDOSPORT.COM - Ronald Koeman harus terkena batunya setelah membuang Luis Suarez dari Barcelona, sebab striker Uruguay itu kini malah jadi top skor di tim rival, Atletico Madrid. 

Klub raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, tengah limbung. Usai diterpa berbagai masalah di dalam dan luar lapangan, Barca harus mengawali musim 2020-2021 dengan tertatih-tatih. 

Sampai pekan ke-11, Barcelona masih tertahan di posisi ketujuh berselisih 10 angka dari pimpinan klasemen Real Sociedad. Barca tampil sangat inkonsisten di mana mereka cuma meraih dua kemenangan dari tujuh laga terakhir di LaLiga. 

Bahkan, pada pekan ke-5 dan 8, mereka cuma meraih dua kali seri dan dua kali imbang alias tidak pernah menang. Catatan ini menjadi yang terburuk bagi mereka di LaLiga selama lebih dari satu dekade terakhir. 

Sorotan pun mengarah tajam ke arah sang pelatih, Ronald Koeman. Revolusi Koeman dinilai belum menunjukkan hasil positif. 

Selain masalah di luar lapangan seperti pemotongan gaji, konflik Messi-Bartomeu, Barca melakukan perubahan besar pada skuadnya di bawah Koeman awal musim ini. 

© Getty Images
Ronald Koeman bersama Lionel Messi. Copyright: Getty ImagesRonald Koeman bersama Lionel Messi.

Yang paling paling mencolok, pelatih asal Belanda itu membuang striker Barca, Luis Suarez. Hal ini sempat dipertanyakan lantaran sang striker belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa, kecuali karena cedera yang sempat membekapnya musim lalu. 

Melalui sambungan telepon, Ronald Koeman memberitahukan bahwa bomber asal Uruguay itu tak masuk ke dalam skema permainannya. Kepada media, Koeman pun menjelaskan bahwa didepaknya Suarez adalah bagian dari peremajaan skuad. 

“itu bukan hanya sebuah keputusan saya sebagai pelatih, tapi mereka (Barcelona) berusaha mengadakan perubahan tim dan sekarang ada banyak pemain muda di sini," ujarnya. 

Namun, perlahan tapi pasti, Luis Suarez membuktikan bahwa keputusan eks pelatih Timnas Belanda itu keliru. Sebab, di klub barunya, Atletico Madrid, Luis Suarez tetap tampil trengginas seperti biasanya.