In-depth

Mengapa Bundesliga Jerman Jadi Surganya Para Pemain Amerika?

Sabtu, 5 Desember 2020 11:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Giovanni Reyna, pemain klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, asal Amerika Serikat. Copyright: © Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Giovanni Reyna, pemain klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, asal Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Bundesliga Jerman memang panggung empuk bagi para pemain asal Amerika Serikat yang ingin meraih kesuksesan dengan waktu yang lebih cepat. Mengapa bisa begitu?

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola kasta tertinggi Jerman tersebut untuk saat ini memiliki jumlah pemain Negara Paman Sam yang lebih banyak dari sejumlah liga lainnya.

Sebut saja sejumlah nama seperti Gio Reyna (Borussia Dortmund), Josh Sargent (Werder Bremen), Chris Richards (Bayern Munchen), Tyler Adams (RB Leipzig), John Brooks (VfL Wolfsburg), Timothy Chandler ( Eintracht Frankfurt), dan Matthew Hoppe (Schalke 04).

Tentu tidak juga melupakan Christian Pulisic yang dahulu pernah membela Die Borussen sebelum hengkang ke klub Liga Inggris, Chelsea. Lalu ada Weston McKennie yang kini membela Juventus.

Lalu mengapa para pemain Amerika ini bisa sukses menembus Bundesliga Jerman? Padahal, kompetisi sepak bola mereka, Major League Soccer (MLS) juga tidak kalah populernya.

Bermain di Eropa tentu menjadi mimpi dan cita-cita banyak pesepak bola yang tengah merintis karier. Bundesliga Jerman memiliki daya tarik tersendiri dan selalu memberi kesempatan bagi talenta-talenta muda untuk bersinar.

Salah satu contoh yang paling nyata adalah Christian Pulisic, yang jadi sensasi tersendiri di kancah sepak bola Jerman. Bergabung dengan Borussia Dortmund saat usianya 16 tahun pada 2015, tidak butuh waktu lama baginya untuk bermain di tim senior.

Setelah berpartisipasi sebagai pemain di level U-17 dan U-19, pemain kelahiran 18 September 1998 ini meraih momen breakthrough-nya pada 2016.

Namanya semakin dikenal luas dan predikat pemain termuda Amerika di Bundesliga Jerman pun diraihnya, meskipun kini rekor tersebut sudah dipatahkan oleh pemain Borussia Dortmund lainnya yakni Gio Reyna.