In-depth

Serba-serbi Kontrak Wijnaldum, Apa Lagi yang Ditunggu Liverpool?

Selasa, 8 Desember 2020 11:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Akankah Georginio Wijnaldum tetap tinggal di Liverpool? Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Akankah Georginio Wijnaldum tetap tinggal di Liverpool?

INDOSPORT.COM - Kejelasan masa depan Georginio Wijnaldum di klub Liga Inggris, Liverpool, masih tanda tanya. Haruskah The Reds mempertahankannya?

Nama Wijnaldum sempat mencuat di bursa transfer lalu lantaran kabar yang menyebut Barcelona berminat mendatangkannya. Adalah Ronald Koeman, sosok yang berhasrat membawa pemain asal Belanda tersebut ke Camp Nou.

Pasalnya, ia ingin memberi suntikan kekuatan tambahan di lini tengah Blaugrana. Akan tetapi, pada kenyataannya hingga saat ini Wijnaldum masih tinggal di Anfield walaupun durasi kontraknya segera berakhir.

Masa bakti pemain kelahiran 11 November 1990 tersebut hanya menyisakan beberapa bulan saja, tepatnya hingga akhir  2020-2021. Sudah banyak pula pihak yang menyuarakan agar Liverpool segera memperpanjang kontrak Wijnaldum.

Apalagi, menyusul penampilannya ketika melawan Wolverhampton Wanderers (Wolves) di ajang Liga Inggris, Senin (7/12/20) dini hari WIB. Skuat asuhan Jurgen Klopp menang telak empat gol tanpa balas di kandang sendiri.

Bermain di Anfield, Liverpool tampil lebih percaya diri dan penuh semangat membara berkat kembalinya pemain ke-12 mereka. Suporter telah kembali ke stadion untuk memberi dukungan kepada tim kesayangannya.

Anthem You’ll Never Walk Alone pun berkumandang layaknya full voice meski stadion tidak penuh sesak seperti biasanya sebelum ada Covid-19. Namun hal itu sudah cukup membuat The Reds tampil bak raksasa di rumah mereka yang kini tidak sepi lagi.

Georginio Wijnaldum adalah satu dari tiga pencetak gol kemenangan The Reds. Dua gol lainnya diciptakan oleh Mohamed Salah dan Joel Matip, ditambah satu gol bunuh diri dari pemain lawan, Nelson Semedo.

Setelah pertandingan Liverpool vs Wolves ini, gelombang opini dari para suporter maupun penikmat sepak bola pun bermunculan. Suara mereka sama, yakni meminta Liverpool mempertahankan Wijnaldum.

Bagaimanapun juga, Wijnaldum sudah jadi salah satu pilar penting Liverpool di lini tengah bersama Fabinho. Ia bahkan tidak punya masalah jika harus dimainkan di posisi lain.

Hanya saja, memperpanjang kontrak Wijnaldum tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengingat sang pemain masih harus memikirkan akan seperti apa dirinya nanti di skuat asuhan Klopp.

Jika ia tidak yakin bakal mendapat peran signifikan, pintu keluar Anfield pun jelas jadi solusi. Di sisi lain, Liverpool seharusnya dengan senang hati memberi perpanjangan kontrak karena Wijnaldum adalah salah satu pengabdi yang paling setia.