Liga Inggris

Arsenal Jeblok, Legenda Liverpool Bela Arteta dan Malah Salahkan Agen Pemain

Rabu, 9 Desember 2020 08:43 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Marc Atkins/Getty Images
Legenda Liverpool, Jamie Carragher, membela Mikel Arteta terkait jebloknya Arsenal di Liga Inggris dan menyebut ada pihak lain yang lebih pantas disalahkan. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Legenda Liverpool, Jamie Carragher, membela Mikel Arteta terkait jebloknya Arsenal di Liga Inggris dan menyebut ada pihak lain yang lebih pantas disalahkan.

INDOSPORT.COM – Legenda Liverpool, Jamie Carragher, membela Mikel Arteta terkait jebloknya Arsenal di Liga Inggris dan menyebut ada pihak lain yang lebih pantas disalahkan.

Mengawali musim ini dengan menjuarai Community Shield dan mendatangkan sejumlah pemain baru seperti Willian, Gabriel Magalhaes, hingga Thomas Partey, Arsenal justru tampil jeblok di Liga Inggris.

Terbaru, mereka kalah 0-2 dari Tottenham Hotspur di derby London Utara akhir pekan lalu. Akibat kekalahan itu, The Gunners pun terjerembap di peringkat 15 klasemen sementara Liga Inggris.

Akibatnya, posisi manajer Mikel Arteta pun mulai berada dalam ancaman. Rumah taruhan bahkan meyakini pria Spanyol itu akan dipecat pekan ini dengan Massimiliano Allegri menjadi yang terdepan dalam bursa manajer pengganti.

Meski demikian, legenda Liverpool yang kini menjadi analis Liga Inggris, Jamie Carragher, membela Arteta dan menyebut kesalahan justru terletak di perekrutan pemain yang berjalan buruk. Sang mantan bek kanan bahwa turut membawa-bawa nama Kia Joorabchian, seorang agen pemain kelas atas.

Pasalnya, tiga pemain anyar Arsenal yang diageni oleh Kia Joorabchian yakin Cedric Soares, Willian, dan David Luiz dinilai tampil buruk dan gagal memberikan sumbangsih berarti bagi The Gunners.

“Ada pembicaraan mengenai tekanan yang dialami Mikel Arteta, tapi dalam situasi yang dihadapinya sekarang, saya bahkan takkan memikirkan soal posisi Arteta,” kata Carragher kepada Sky Sports.

"Saya benar-benar menyukai Mikel Arteta. Ada banyak kekonyolan di tubuh klub, soal mendatangkan pemain, membeli pemain.”

“Saya rasa sejumlah rekrutan hanya menjadi lelucon, misalnya dalam hal mendatangkan Willian, David Luiz, dan Cedric Soares. Apakah Kia Joorabchian yang bertanggung jawab atas perekrutan di Arsenal?”

Jamie Carragher pun menyebut pemain pilihan Arteta yang diboyong Arsenal terbukti tampil lebih baik daripada ketiga klien Joorabchian. “Mikel Arteta mendatangkan Thomas Partey dan Gabriel. Mereka kelihatannya jadi dua pemain terbaik Arsenal saat ini, khususnya di awal musim."

Lebih lanjut, ia juga menyarankan supaya The Gunners mempertahankan pria Spanyol itu di kursi manajer. "Mereka sudah punya empat manajer dan tiga CEO sejak 2018. Bertahan saja dengan Arteta. Tapi akan ada banyak rasa sakit buat Arsenal," pungkasnya.