Liga Indonesia

Gelandang Enerjik Timnas Indonesia U-19 Ini Pernah Dilirik Klub Norwegia

Rabu, 9 Desember 2020 17:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Mohammad Kanu, pemain Timnas Indonesia U-19 yang juga sempat dirumorkan atau dipantau klub Eropa, tepatnya dari Norwegia. Copyright: © PSSI
Mohammad Kanu, pemain Timnas Indonesia U-19 yang juga sempat dirumorkan atau dipantau klub Eropa, tepatnya dari Norwegia.

INDOSPORT.COM - Beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 belakangan jadi sorotan karena dilirik klub luar negeri. Sebut saja, Bagus Kahfi, Brylian Aldama, Witan Sulaeman dan lainnya yang telah bergabung dengan klub Eropa.

Namun, jauh sebelum nama-nama di atas dilirik klub luar, ada satu pemain Timnas U-19 yang juga sempat dirumorkan atau dipantau klub Eropa, tepatnya dari Norwegia. Sosok itu adalah gelandang klub Liga 2, Mohammad Kanu yang bermain untuk Muba Babel United.

Pada 2016 lalu, Kanu ikut mengantarkan ASIOP Apacinti menjuarai Gothia Cup kategori U-15 di Swedia. Dalam turnamen itu, pemain yang kini berusia 19 tahun  berhasil mencetak empat gol.

Penampilan apik di Gothia Cup 2016 membuat Kanu dilirik oleh tim dari Norwegia. Hanya saja, pihak ASIOP selaku SSB tempatnya bernaung tidak bisa memberikan kejelasan.

"Soal itu, saya juga kurang mengerti. Yang saya tahu, Kanu bermain di ASIOP, jika ada yang melirik anak saya mestinya melalui ASIOP juga. Tetapi, saya tidak mendengar kabar apa-apa," kata Ibunda Kanu, Sugiyanti kala itu.

"Mungkin karena usia Kanu masih 15 tahun jadi ASIOP tidak memberikan info apa pun kepada keluarga. Yang saya dengar, seorang anak baru bisa tinggal tanpa orangtua jika sudah di atas 18 tahun," pungkasnya.

Terlepas dari rumor yang pernah menghampirinya, tekad dan kerja keras M. Kanu patut diapresiasi. Ia adalah sedikit pemain dari klub Liga 2 yang dipanggil dan dipercaya pelatih Shin Tae-yong di Timnas U-19.

Bukan tidak mungkin M. Kanu akan bermain di luar negeri, jika terus meningkatkan kualitasnya. Kesempatannya masih terbuka lebar, apalagi Timnas Indonesia U-19 diproyeksikan bermain di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 dimana akan ada banyak agen atau klub yang memantau pemain muda.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%