In-depth

Para Eks Generasi Emas Timnas Inggris yang Bisa Gantikan Southgate

Rabu, 9 Desember 2020 19:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Mungkinkah salah satu mantan pemain Timnas Inggris nantinya gantikan Gareth Southgate sebagai pelatih? Copyright: © Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Mungkinkah salah satu mantan pemain Timnas Inggris nantinya gantikan Gareth Southgate sebagai pelatih?

INDOSPORT.COM - Siapakah kira-kira pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris? Mungkinkah satu di antara mantan pemain di generasi emas mereka?

Skuat The Three Lions pernah memiliki banyak pemain hebat saat era Wayne Rooney, Frank Lampard, Steven Gerrard, John Terry, bahkan David Beckham.

Memang benar ada kalimat yang mengatakan bahwa tidak ada jaminan tim bertabur bintang akan meraih kesuksesan. Ucapan tersebut seolah sejalan dengan pencapaian Timnas Inggris lewat generasi emas mereka ini.

Ketika Lampard atau Gerrard berjaya di level klub dengan rentetan trofi seperti Liga Inggris dan Liga Champions, tidak ada satu pun prestasi besar di level Timnas yang berhasil mereka ukir.

Rooney, sedikit lebih beruntung, setidaknya ia sudah pernah mencicipi manis getirnya peringkat ketiga di ajang UEFA European Under-17 Championship pada tahun 2002 ketika masih bermain di level U-17.

Bahkan, ia sempat mencatatkan namanya di pertandingan perebutan tempat ketiga di kompetisi tersebut. Hattrick-nya turut membantu Inggris mengandaskan Spanyol dengan skor akhir 4-1.

Kini, baik Rooney, Lampard, dan Gerrard sudah terjun ke dunia kepelatihan di level klub: Rooney bersama Derby County, Lampard bersama Chelsea, dan Gerrard kini menangani Glasgow Rangers. Adakah kans mereka menggntikan Gareth Southgate?

Wayne Rooney

Baru saja terjun menjadi pelatih interim Derby County setelah pemecatan Phillip Cocu beserta dua asistennya, Chris van der Weerden, dan Twan Scheepers.

Karena baru saja terjun sebagai pelatih, Rooney jelas masih sangat ‘hijau’ ketimbang Lampard atau Gerrard.

Bicara soal hasil, Rooney sejatinya punya catatan luamayan dari tiga pertandingan pertamanya di Divisi Championship sebagai pelatih Derby County. Ia mencatatkan dua hasil imbang dan satu kemenangan.

Tentu saja, penilaian terhadap kredibilitas Rooney tidak bisa diukur dari hasil itu saja, karena ia masih punya jalan yang sangat panjang jika serius ingin jadi pelatih sepak bola.

Sama halnya seperti Lampard atau Gerrard, bedanya dua nama ini agak lebih ‘senior’ dan punya pengalaman di klub yang lebih besar.