In-depth

Menanti Runtuhnya Dinding Kepercayaan Solskjaer terhadap De Gea

Sabtu, 12 Desember 2020 10:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Kiper Manchester United, David de Gea, masih jadi kepercayaan Ole Gunnar Solskjaer. Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Kiper Manchester United, David de Gea, masih jadi kepercayaan Ole Gunnar Solskjaer.

INDOSPORT.COM - Ole Gunnar Solskjaer masih menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap David de Gea meski kiper Manchester United tersebut telah beberapa kali melalukan blunder.

Penampilan David de Gea masih menjadi isu penting di kubu Setan Merah. Memang benar ia sudah melakukan banyak penyelamatan hebat, tapi seperti biasa, orang lebih suka mengungkit yang jelek-jelek ketimbang yang bagus-bagus.

Kiper asal Spanyol tersebut tercatat beberapa kali membuat kesalahan ketika menjaga gawangnya. Salah satunya, saat melawan Tottenham Hotspur pada bulan Juni lalu.

Ia gagal membendung tendangan Steven Bergwijn yang berhasil melewati hadangan Harry Maguire, padahal bola tersebut bisa dibilang masih berada dalam jangkauan De Gea.

Contoh lain, saat Manchester United menghadapi Watford pada Desember 2019 ketika sang kiper gagal menangkap bola dengan baik sehingga timnya kebobolan dan pada akhirnya kalah 0-2.

Melakukan blunder sejatinya hal wajar bagi seorang kiper. Bahkan sekelas Iker Casillas, Gianluigi Buffon, maupun para veteran lain juga pernah mengalaminya.

Hanya saja, De Gea untuk saat ini bermain untuk klub seperti Manchester United, ada ekspektasi besar di pundaknya, dan pada zaman sekarang ini lebih mudah mencari satu kesalahan orang ketimbang seribu kebaikannya.

Di tengah kritik publik yang berulang kali menghujam, beruntung De Gea masih memiliki dukungan Ole Gunnar Solskjaer. Tidak ada yang lebih penting bagi seorang pemain ketimbang kepercayaan dari pelatihnya sendiri.

Solskjaer sudah beberapa kali membela De Gea dan masih memercayai kualitasnya sebagai salah satu kiper terbaik dunia, apalagi setelah hasil buruk yang diperoleh Manchester United saat melawan RB Leipzig di Liga Champions tempo hari.

De Gea lagi-lagi jadi sasaran kritik pedas usai Setan Merah tersingkir dari fase penyisihan grup dan lengser ke Liga Europa. Tentu, publik butuh setidaknya satu kambing hitam untuk disalahkan.

Akan tetapi, Solskjaer kembali pasang badan untuk De Gea entah untuk yang keberapa kalinya, bahkan ketika legenda klub, Paul Scholes, ada di kubu yang mengkritik sang kiper.

Ya, Scholes secara terang-terangan mempermasalahkan pergerakan De Gea yang menurutnya kurang agresif, apalagi ketika pemain lawan sudah melewati pertahanan yang dijaga Harry Maguire.