Bola Internasional

Piala AFF Bikin Timnas Indonesia Untung, Thailand Malah Buntung

Sabtu, 12 Desember 2020 04:20 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
© zimbio.com/charnpipop
Mundurnya gelaran Piala AFF bikin Timnas Indonesia mujur, sementara Thailand malah sial gara-gara alasan ini. Copyright: © zimbio.com/charnpipop
Mundurnya gelaran Piala AFF bikin Timnas Indonesia mujur, sementara Thailand malah sial gara-gara alasan ini.

INDOSPORT.COM - Semula bakal berjalan tahun ini, Piala AFF resmi berlangsung pada 2021 imbas pandemi Corona. Timnas Indonesia pun dipastikan bakal memetik keuntungan besar, sementara itu kesialan malah harus dihadapi oleh Thailand.

Kualifikasi Piala Dunia zona Asia menemui nasib apes usai jadi juru kunci di grup 'neraka' alias grup G, nasib tim Garuda kian memperihatinkan. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, kualitas sepak bola Tanah Air juga memperihatinkan usai dinilai FIFA ada di peringkat 173.

Setelah berbagai macam nasib sial tersebut, akhirnya ada sedikit kabar menggembirakan di mana Indonesia bisa saja memalingkan pandangan untuk menjuarai kejuaraan sepak bola Asia Tenggara. Ya, hal ini juga sempat diungkapkan oleh ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Apa yang mendasari Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berpendapat demikian? Sederhana, adanya waktu untuk berbenah buatnya yakin perkembangan Timnas Indonesia ditangan Shin Tae-yong akan kian dahsyat, maklum tanda-tanda ini sudah cukup terlihat.

Lewat metode latihannya terhadap Timnas Indonesia U-19, juru taktik pengganti Simon McMenemy ini sukses kembangkan bakat para pemain muda lewat pemusatan latihan di Kroasia. Bayangkan saja, jika yang digembleng nanti para pemain senior.

Ketika kubu Indonesia bisa optimis berambisi juara, kabar kurang menyenangkan justru harus dihadapi oleh rival yang bakal ikut meramaikan Piala AFF tahun depan. Melansir laman Anninh Thudo, Timnas Thailand berpotensi tak akan tampil maksimal karena suatu masalah.

"Baru-baru ini Federasi Sepak Bola Thailand mengubah skema rencananya untuk mengikuti kejuaraan nasional. The War Elephants gigit jari akan kekurangan pemain inti karena sebagian besar dari mereka ikut serta bela klub di liga domestik," tulis media Vietnam itu.

"Hal Ini bikin Federasi Sepak Bola mereka pusing, mengingat mereka harus menghormati klub. Selain itu, Piala AFF juga tak termasuk bagian FIFA yang berarti para pemain jempolan seperti Chanathip Songkrasin akan lebih fokus main di Jepang," tambah media itu.

Kurang okenya performa Thailand pun disambut dengan rasa bahagia bagi Timnas Merah Putih. Bagaimana tidak? Negeri Gajah Putih itu punya rekor kemenangan lima kali kejuaraan sepak bola yang pertemukan para negara anggota ASEAN tersebut.

Namun, hilangnya satu musuh berat yakni Thailand tetap tak menjamin Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong bisa menjuarai Piala AFF. Ada Vietnam yang punya kekuatan prima bersama Park Hang-seo dan Malaysia bareng Tan Cheng Hoe siap jadi musuh tersukar mereka.