Liga Indonesia

Yanto Basna Siap Jadi 'Agen' Dadakan bagi Pemain Indonesia agar Bisa ke Thailand

Sabtu, 12 Desember 2020 16:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna menyatakan siap membantu pemain Indonesia jika tertarik berkarier di Thailand. Ibaratnya, pemain asal Papua itu menjadi agen dadakan untuk membantu mencarikan klub yang cocok dan berminat memakai jasa pemain Indonesia.

Peluang pemain Indonesia berkarier di Liga Thailand memang terbuka lebar. Apalagi, liga tersebut sudah memberlakukan kouta pemain ASEAN sehingga makin memudahkan jalan bagi pemain yang ingin bersaing di negeri Gajah Putih.

"Bukan tidak mau (membantu) tapi semua kembali ke pribadi masing-masing. Kalau mereka (pemain Indonesia) mau (main di Thailand), ya saya siap membantu," tegas Yanto Basna.

"Tapi sejauh ini belum ada anak-anak Indonesia dan Papua yang mau coba berkarier di luar Indonesia," tuturnya. 

Belum lama ini, satu pemain muda Indonesia, Todd Ferre dilaporkan menyusul Yanto Basna berkarir di Liga Thailand. Winger lincah itu dipinjamkan oleh Persipura Jayapura ke klub Liga 2 Thailand, Lampang FC untuk putaran kedua dan punya opsi dipermanenkan. 

Sebelumnya, dua pemain lainnya juga sempat merasakan atmosfer Liga Thailand yakni Terens Puhiri dan Ryuji Utomo. Terens bermain untuk Thai Port FC pada 2018 lalu dengan status pinjaman selama semusim dari Borneo FC dan Ryuji bersama PTT Rayong di musim yang sama.

Ketertarikan klub Thailand terhadap pemain Indonesia juga kerap diberitakan. Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi belum lama ini dilaporkan diinginkan Muangthong United dengan status pinjaman, tapi sang pemain memilih menolak tawaran tersebut.