In-depth

4 Pemain Australia yang Pernah Membela Arema FC, Ada Putra Legenda Liga Indonesia

Senin, 14 Desember 2020 09:05 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: © INDOSPORT
Logo Arema FC.

INDOSPORT.COM - Pemain asal Australia kini menjadi salah satu opsi bagi Arema FC dalam memenuhi slot pemain asing, setelah sukses mengamankan tanda tangan dua pemain asal Brasil.

Berposisi striker, sang pemain diharapkan menjadi pemberi garansi gol pada lanjutan Liga 1, Februari 2021. Rencana transfer itu mengingatkan publik kepada kiprah pemain asal Negeri Kanguru bersama Arema FC. 

Namun, ada rasa trauma khusus yang dialami tim Singo Edan sejak Liga 1 2017 dan tak pernah merekrut lagi pemain Australia hingga kini. Berikut sejumlah pemain asing asal Australia yang sempat membela Arema FC.

1. Edemar Garcia

Pemain berpaspor Australia ini menjadi satu-satunya yang gagal total selama berkiprah di Arema. Midfielder berdarah Angola itu sebelumnya digadang-gadang sebagai penerus sang ayah, Vata Matanu Garcia, yang melegenda di sejumlah klub Liga Indonesia, terutama Gelora Dewata.

Berstatus sebagai pemain asing, Edemar justru gagal menembus tim utama Rahmad Darmawan saat lini tengah dihuni sejumlah anak muda seperti Egi Melgiansyah, Dedi Kusnandar, maupun I Gede Sukadana.

Pemain bernama lengkap Eguerreiro Vata Garcia Edemar ini lantas dicoret dengan hanya mencatat 4 caps dan tak pernah sekali pun bermain sebagai starter di kompetisi ISL 2013.

2. Gustavo Giron Marulanda

Kedatangan Gustavo Giron sebenarnya sebagai upaya Arema untuk menambah ketajaman di lini serang, selain Cristian Gonzales. Giron datang pada April 2016, setelah menjadi top skor dengan 22 golnya bersama Bayswater City, klub kontestan Liga 2 Wilayah Barat Australia.

Namun Milomir Seslija memberdayakan Giron secara intens di pos Winger. Selain sulit menggeser posisi sentral Cristian Gonzales, postur tubuh dan skill pemain berpaspor Kolombia-Australia itu lebih cocok sebagai penyerang sayap.

Sayang, ekspektasi klub kepada Giron tak terpenuhi karena dia hanya mencatat dua gol dan dua assist pada putaran pertama TSC 2016. Arema pun melegonya ke Persegres Gresik United pada putaran kedua, bersamaan dengan Srdan Lopicic (Montenegro) yang dicoret.

IDS Emoticon Suka
Suka
40%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%