Liga Inggris

Gerard Houllier, Eks Manajer Liverpool yang Hadirkan Treble Winners, Meninggal Dunia

Senin, 14 Desember 2020 17:56 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kabar duka kembali datang dari dunia sepak bola. Eks manajer Liverpool, Gerard Houllier, meninggal dunia dalam usia 73 tahun, Senin (14/12/20).

Setelah dihantam kabar duka beruntun dalam waktu dekat, mulai dari Diego Maradona hingga Paolo Rossi, dunia sepak bola kembali harus berduka cita. Eks manajer Liverpool dan timnas Prancis, Gerard Houllier, meninggal dunia Senin (14/12/20) pada usia 73 tahun.

Dilansir Guardian, pria berkebangsaan Prancis ini wafat setelah sempat menjalani operasi jantung di Paris.

Houllier mengawali kariernya di dunia kepelatihan di Prancis dengan membesut Le Touquet sebagai pemain/pelatih pada tahun 1973. Ia juga sempat  memimpin Paris Saint-Germain (1985-1988) dan timnas Prancis pada 1992-1993.

Meski demikian, Houlllier lebih dikenal berkat masa baktinya bersama raksasa Liga Inggris, Liverpool. Sepanjang membesut The Reds pada 1998 hingga 2004, ia mempersembahkan sejumlah gelar, termasuk meraih treble winners berupa Piala UEFA, Piala Liga, dan Piala FA pada tahun 2001.

Usai meninggalkan Liverpool, Gerard Houllier pulang ke Prancis untuk melatih Lyon dan berhasil membawa Les Gones menjuarai Ligue 1 Prancis sebanyak dua kali, sebelum akhirnya kembali ke Liga Inggris demi memimpin Aston Villa.

Houllier memang dikenal memiliki kondisi kesehatan yang tidak terlalu baik. Pada tahun 2001, ia sudah pernah menjalani operasi jantung usai jatuh sakit saat mendampingi Liverpool menghadapi Leeds United.