In-depth

Perjuangan Berat Kostas Tsimikas Meski Baru Datang ke Liverpool

Minggu, 13 Desember 2020 14:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Kostas Tsimikas harus berjuang keras di klub Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Kostas Tsimikas harus berjuang keras di klub Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Kostas Tsimikas sudah harus melewati masa-masa sulit meski baru bergabung dengan klub Liga Inggris, Liverpool, pada Agustus 2020.

Ia adalah pemain asal Yunani kedua yang membela The Reds setelah Sotiris Kyrgiakos (AEK Athens). Namun belum lama berada di Anfield sebagai cadangan Andy Robertson, Tsimikas malah dilanda cedera.

Pemain berusia 24 tahun tersebut cedera ketika menghadapi Midtjylland di Liga Champions tempo hari. Ia hanya bertahan selama kurang lebih satu jam sebelum akhirnya ditarik keluar oleh Jurgen Klopp.

Isu ini pun menambah pusing kubu Liverpool yang sebentar lagi dihadapkan pada jadwal pertandingan super padat. Apabila Klopp berencana memberi Robertson waktu beristirahat lebih lama, tentu cedera Tsimikas adalah bencana.

Pasalnya, Robertson sudah cukup kelelahan dengan sederet agenda baik bersama klub maupun Timnas Skotlandia, setidaknya selama beberapa bulan terakhir. Menurunkan intensitas permainan pun bisa jadi solusi demi menjaga kondisi fisiknya.

Klopp sendiri memang sempat berencana memasang Tsimikas agar Robertson bisa beristirahat, namun ia terbentur aturan pergantian pemain di Liga Inggris yang terbatas.

Sayangnya, wacana untuk mengistirahatkan Robertson mungkin kini tidak bisa terwujud. Padahal, itu adalah kesempatan yang baik bagi Tsimikas untuk unjuk gigi dan menunjukkan apa yang ia bisa lakukan di tim utama.

Sejak datang ke Liverpool, Tsimikas memang terbilang cukup jarang mendapat kesempatan bermain. Melawan Midtjylland adalah start ketiganya musim ini. Jika ditotal pun, ia baru tampil sebanyak empat kali.

Ia juga masuk daftar pemain cadangan saat melawan Brighton dan Ajax Amsterdam, namun pada akhirnya tidak dimainkan.

Bagi pemain baru, tentu sangat penting untuk menunjukkan kualitas diri demi tempat reguler di skuat. Begitu pula Kostas Tsimikas, yang diboyong Liverpool dengan harga yang tidak terlalu mengecewakan, yakni 11,7 juta pounds (Rp219,9 miliar).