Bola Internasional

Ogah Permudah Timnas Indonesia, Vietnam dan Park Hang-seo Punya Senjata Rahasia

Senin, 14 Desember 2020 07:52 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo sudah punya senjata rahasia bagi Timnas Vietnam agar bisa hancurkan Timnas Indonesia tanpa ampun di kualifikasi Piala Dunia. Copyright: © thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo sudah punya senjata rahasia bagi Timnas Vietnam agar bisa hancurkan Timnas Indonesia tanpa ampun di kualifikasi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Disebut-sebut bakal berikan 'kemudahan' di pertemuan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk Indonesia, Timnas Vietnam menolak. Melalui pelatih Park Hang-seo, mereka sudah punya senjata rahasia.

Menempati peringkat FIFA tahun ini di posisi 93, The Golden Stars berhasil tunjukkan dominasi sepak bola sebagai tertangguh seantero Asia Tenggara. Belum lagi, mereka juga catatkan penampilan gemilang pada putaran pertama kualifikasi pesta sepak bola sejagad.

Ya, bisa dibilang Timnas Vietnam berhasil 'hancurkan' usaha Tim Garuda untuk bersinar baik di peringkat FIFA maupun kualifikasi Piala Dunia. Sebelum terhenti karena Corona, Tanah Air sudah menelan lima kali kekalahan beruntun hingga mendepak Simon McMenemy.

Kini digantikan oleh Shin Tae-yong, sempat tersirat kabar jika lawan main mereka ini justru ompong. Pada pemberitaan aseanfootball.org, Park Hang-seo menyebut sulit mendapat striker untuk timnas gara-gara kompetisi liga Vietnam dikuasai para pemain asing.

Ada sekitar 70-80 persen striker non penduduk asli, alhasil mereka tak mampu menemukan pemain setara Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong, dan Ha Duc Chinh. Bahkan karena ini, pelatih asal Korsel itu sampai harus memanggil Nguyen Van Quyet dan gunakan formasi baru.

Akan tetapi menurut media lokal, Bao Giaothong, ternyata hal pelik tersebut tak benar. Malahan, Timnas Vietnam punya serangkaian pemain yang siap menghancurkan para lawan mainnya sekaligus menyambut putaran lanjutan kualifikasi Piala Dunia pada Maret 2021 depan.

"Saat ini Vietnam masih memiliki banyak striker andal seperti Tien Linh, Cong Phuong, Van Long, Tuan Tai, dan Van Toan. Semuanya adalah para pemain yang punya performa bagus pada gelaran V-League 2020," tulis media tersebut.

"Selain itu, gaya bermain tim sudah lama tak tergantung dengan berburu striker saja. Setiap pemain bisa menjadi ujung tombak yang membantu pasukan kaos merah mengancam gawang lawan," tutup artikel tersebut.

Park Hang-seo sudah fokus melatih Timnas Vietnam senior, Indonesia  berfokus pada Timnas U-19 karena menjelang jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ada alasan Shin Tae-yong tak terlalu berperan di kualifikasi Piala Dunia, pasalnya tiket ke babak lanjutan sudah hangus.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%