In-depth

5 Fakta Penting Jelang Duel Liverpool vs Tottenham Hotspur

Rabu, 16 Desember 2020 14:26 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Stephanie Meek - CameraSport via Getty Images
Berikut ini kami rangkum lima fakta penting jelang duel penentu puncak klasemen antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di pekan ke-12 Liga Inggris. Copyright: © Stephanie Meek - CameraSport via Getty Images
Berikut ini kami rangkum lima fakta penting jelang duel penentu puncak klasemen antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di pekan ke-12 Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum lima fakta penting jelang duel penentu puncak klasemen antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di pekan ke-12 Liga Inggris. 

Laga big match akan tersaji pada pekan ke-12 Liga Inggris antara pemuncak klasemen, Tottenham Hotspur, melawan penghuni peringkat kedua, Liverpool. Laga seru ini bakal dimainkan di Stadion Stadion Anfield, Kamis (16/12/20) dini hari WIB.

Pertandingan kedua tim bisa dibilang sangat krusial karena bisa menentukan siapa juara paruh musim ini. Kedua tim saat ini tengah berada di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. 

Dari 12 laga yang masing-masing telah lakoni, keduanya sama-sama telah mengumpulkan 25 poin. Hanya saja, Tottenham berada di peringkat pertama karena unggul selisih gol dari Liverpool.

Skuat Jose Mourinho sendiri diketahui memiliki keunggulan 14 gol, sedangkan pasukan Jurgen Klopp hanya mengumpulkan selisih sembilan gol. Untuk menambah keseruan, berikut kami pilihkan lima fakta penting jelang duel Liverpool vs Tottenham Hotspur. 

1. Barisan Pertahan Liverpool Rapuh

Meski berhasil menghuni peringkat dua sementara, namun barisan pertahanan Liverpool tergolong rapuh. Mereka sejauh ini baru mencatatkan satu clean sheet di Liga Inggris. 

Jika dirinci, mereka sudah kebobolan 18 gol dari 11 pertandingan. Untung saja mereka memiliki lini belakang yang baik untuk menutupi kelemahan tersebut. 

Sejauh ini, Liverpool telah menorehkan 27 gol di Liga Inggris. Catatan itu adalah yang terbaik dari antara semua peserta. 

2. Dominasi The Reds atas The Lilywhites

Liverpool menatap laga melawan Tottenham Hotspur dengan torehan statistik yang apik. The Reds selalu menang dalam lima laga terakhirnya melawan Spurs di semua kompetisi. 

Tentu saja ini termasuk laga final Liga Champions 2019 lalu. Di Liga Primer Inggris, mereka selalu menang atas Spurs dengan margin satu gol dalam empat pertemuan terakhir baik kandang maupun tandang.

Liverpool juga minimal selalu mencetak 2 gol dalam 8 dari 9 laga kandang terakhirnya melawan Tottenham Hotspur di semua kompetisi. Spurs mesti mewaspadai rekor kandang luar biasa Liverpool di mana mereka belum pernah kalah di Anfield dalam 65 laga terakhir Liga Inggris

3. Tren Positif Tottenham Hotspur

Berbeda dengan Liverpool yang sempat kalah dari Atalanta di Liga Champions, Tottenham sejauh ini belum terkalahkan di 10 pertandingan terakhir mereka di seluruh kompetisi dengan rincian 7 kemenangan dan 3 hasil imbang. 

Tentu saja ini mencakup enam laga tandangnya di Liga Inggris di mana mereka menang 4 kali dan seri 2 kali. Ini akan menjadi pembuktian bagi skuad asuhan Jose Mourinho dalam lawatannya ke Anfield. 

4. Jose Mourinho vs Jurgen Klopp

Baik Jose Mourinho (Tottenham) maupun Jurgen Klopp (Liverpool) memiliki rekor tersendiri di Liga Inggris dan kompetisi lain dalam sejarah pertemuan kedua tim dan pelatih. 

Jose Mourinho memiliki catatan 12 kali menang, 9 seri, dan 8 kali kalah tiap jumpa Liverpool. Namun, rekor jeblok didapatkan Mourinho saat jumpa Klopp. 

Dari 11 kesempatan pertemuan, Jose Mourinho hanya sanggup membawa tim yang ditanganinya menang dua kali atas Klopp dan sisahnya berakhir seri (4) dan kalah (5). 

Sementara itu Jurgen Klopp mencatatkan rekor sangat dominan tiap berjumpa Tottenham Hotspur. Dari 12 kali perjumpaan, ia berhasil memenanginya sebanyak 7 kali, meraih seri 4 kali, dan hanya merasakan 1 kali kekalahan.  

Pelatih asal Jerman itu juga dominan atas Jose Mourinho dengan catatan 5 kemenangan, 4 seri, dan 2 kali kalah dari 11 perjumpaan. 

5. Adu Statistik

Di atas kertas, musim ini barisan pertahanan Tottenham bermain lebih baik dari Liverpool di Liga Inggris. Namun, bisa pula diartikan mereka menjadi tim yang paling 'mudah' diserang dibanding Liverpool. 

Spurs tercatat menorehkan 17 saves berbanding 16 milik Liverpool, Mereka juga unggul tekel yang berhasil dimenangkan sebanyak 65 kali berbanding 57 milik Liverpool. 

Spurs juga telah melakukan 163 effective clearance berbanding 104 milik Liverpool. Spurs memiliki kelebihan karena belum sekali pun musim ini The Lilywhites melakukan blunder yang berujung gol. 

Sebaliknya, Liverpool telah tiga kali melakukan hal tersebut. Dan secara umum, Tottenham Hotspur unggul dalam pertahanan karena baru kebobolan 10 gol berbanding 18 gol milik Liverpool di Liga Inggris.