Liga Italia

Roma vs Torino: Kelamnya Statistik Marco Giampaolo Usai Didepak AC Milan

Jumat, 18 Desember 2020 15:54 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Emilio Andreoli/Getty Images
Roma vs Torino: Kelamnya Statistik Marco Giampaolo Usai Didepak AC Milan Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Roma vs Torino: Kelamnya Statistik Marco Giampaolo Usai Didepak AC Milan

INDOSPORT.COM – Fakta menarik selepas laga sengit Liga Italia antara Roma vs Torino pada Jumat (18/12/20) dini hari WIB, yakni statistik pelatih Marco Giampaolo yang kian memburuk pasca didepak AC Milan.

Dalam pertandingan yang berlangsung Stadio Olimpico tersebut, AS Roma sebagai tuan rumah tampil sangat dominan atas Torino. Bahkan, skuad arahan Paulo Fonseca itu mampu menguasai 63% penguasaan bola sepanjang laga.

Meski mendominasi pertandingan, AS Roma baru bisa mencetak gol setelah tim tamu bermain dengan 10 orang usai Wilfried Singo mendapat kartu merah sejak menit ke-14’.

Secara bergantian, Henrikh Mkhitaryan dan Jordan Veretout menjebol jala Torino di menit 27’ serta 43’. Skor 2-0 pun jadi hasil sementara di babak pertama laga Roma vs Torino.

Selepas jeda, AS Roma kembali menambah pundi-pundi gol lewat lesakkan Lorenzo Pellegrini (68’), sedangkan Torino cuma bisa mencetak satu gol hiburan yang dibuat Andrea Belotti (73’). Hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-1 bertahan dan jadi hasil akhir di matchday ke-12 ini.

Tambahan tiga angka, membuat AS Roma merangsek naik ke urutan lima dengan 24 poin, sementara Torino tertahan di zona degradasi dengan menempati peringkat 19.

Selain gagal meraih kemenangan dan terjerembat di papan bawah klasemen sementara, kekalahan dalam laga Roma vs Torino semalam juga makin memperparah catatan pelatih Marco Giampaolo.

Melansir data dari transfermarkt, disebutkan bahwa pelatih berusia 53 tahun ini baru sekali memberikan kemenangan untuk Il Toro di ajang Serie A musim ini.

Sejak dipercaya menjadi pelatih Torino menggantikan Moreno Longo sejak awal Juli lalu, Marco Giampaolo sudah memainkan 11 laga di Serie A dengan raihan 7 kekalahan, 3 hasil imbang dan cuma sekali kemenangan.

Satu-satunya kemenangan yang diraih Giampaolo terjadi saat bertandang ke markas Genoa pada 4 November lalu, dalam laga away tersebut Torino menang tipis dengan skor 1-2.

Buruknya penampilan Torino musim ini, semakin mencoreng rekam jejak kepelatihan Marco Giampaolo pasca dipecat AC Milan pada Oktober tahun lalu.

Sebagai informasi, Marco Giampaolo memang sempat menukangi AC Milan di musim 19/20, namun karirnya di San Siro tak berjalan lama lantaran performa Rossoneri malah semakin terpuruk di awal musim.

Marco Giampaolo pun hanya bertahan tiga bulan bersama AC Milan. Tercatat, Giampaolo telah mendampingi AC Milan dalam 7 laga di Serie A dengan statistik empat kekalahan dan tiga kemenangan.

Menariknya, kemenangan terakhir yang diraih AC Milan bersama Giampaolo terjadi saat berjumpa Genoa di laga tandang, serupa dengan pencapaian Giampaolo bersama Torino musim ini, yakni sama-sama menang away kontra Genoa bahkan dengan skor serupa (1-2).

Dengan menyisakan musim yang masih panjang, akankah Marco Giampaolo sukses menyelamatkan Torino dari zona degradasi, atau malah kembali terdepak seperti yang dirasakan saat bersama AC Milan musim lalu.