Bola Internasional

Dipecat PSG, Thomas Tuchel Bikin Rekor Bersejarah di Ligue 1 Prancis

Jumat, 25 Desember 2020 22:28 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Xavier Laine/Getty Images
Thomas Tuchel kala berhasil membawa PSG juara Ligue 1 Prancis dengan menundukan AS Monaco dengan skor 3-2 di Parc des Princes, Senin 22/04/19. Xavier Laine/Getty Images Copyright: © Xavier Laine/Getty Images
Thomas Tuchel kala berhasil membawa PSG juara Ligue 1 Prancis dengan menundukan AS Monaco dengan skor 3-2 di Parc des Princes, Senin 22/04/19. Xavier Laine/Getty Images

INDOSPORT.COM – Usai dipecat Paris Saint-Germain, Thomas Tuchel mencetak rekor bersejarah sepanjang digelarnya kompetisi Ligue 1 Prancis.

Menjelang perayaan Natal, Tuchel mendapat kabar tak sedap terkait pekerjaannya. Pelatih asal Jerman ini harus menerima namanya dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih PSG.

Padahal sebelum dipecat, ia mampu mengantarkan PSG membantai habis Strasbourg dengan skor telak 4-0. Namun hasil tersebut tetap tak menyelematkan pekerjaannya.

Diduga, Tuchel dipecat karena bersitegang dengan petinggi PSG. Memang belakangan hubungannya dengan petinggi Les Parisiens retak. Retaknya hubungan tersebut pun kian diperparah dengan komentar yang ia keluarkan hingga membuat telinga petinggi klub panas.

Pemecatannya pun alhasil tak terelakkan. Paris Saint-Germain pun mengambil langkah yang terhitung berani dengan melengserkan Thomas Tuchel sebagai pelatih. Apalagi jika menilik statistik yang ia miliki.

Dilaporkan GFFN (Get French Football News), Tuchel memiliki presentase kemenangan sebesar 75,6 persen bersama PSG. Torehan tersebut menjad presentase kemenangan tertinggi yang dimiliki pelatih di Ligue 1 Prancis.

Dengan kata lain, Tuchel pergi dengan rekor menawan dan bersejarah di Ligue 1 Prancis. Bila dilihat dari catatan itu, memang benar anggapan bahwa PSG terlalu berani memecatnya.

Selain kehilangan pelatih dengan catatan apik sepanjang sejarah Ligue 1 Prancis, PSG juga dipastikan kehilangan uang 6 juta euro (Rp103 miliar). Uang tersebut menguap begitu saja untuk membayar kompensasi atas pemecatan Tuchel.

Dilaporkan, nama Mauricio Pochettino akan menjadi penerus dari Thomas Tuchel di Paris Saint-Germain. Dengan status sebagai pengganti, apakah Pochettino mampu menyamai atau menandingi rekor yang dibuat pendahulunya tersebut?