Liga Inggris

5 Transfer Terburuk Pep Guardiola di Manchester City

Senin, 28 Desember 2020 12:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Meski terbilang jempolan, Pep Guardiola pun pernah membuat kesalahan, termasuk di bursa transfer. Berikut 5 transfer terburuk yang ia buat di Manchester City. Copyright: © Getty Images
Meski terbilang jempolan, Pep Guardiola pun pernah membuat kesalahan, termasuk di bursa transfer. Berikut 5 transfer terburuk yang ia buat di Manchester City.

INDOSPORT.COM – Meski terbilang jempolan, Pep Guardiola pun pernah membuat kesalahan, termasuk di bursa transfer. Berikut 5 transfer terburuk yang ia buat di Manchester City.

Mengawali karier dengan menjadi pelatih Barcelona B pada 2007, Pep Guardiola kini dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik. Sepanjang kariernya baik di Barcelona, Bayern Munchen, maupun Manchester City, pria Spanyol ini secara titak telah memenangkan lebih dari 25 gelar.

Salah satu kunci kesuksesan Pep Guardiola adalah mendatangkan pemain-pemain yang kemudian sukses mendongkrak performa tim. Didukung kondisi finansial dari ketiga klub yang pernah diasuhnya, Guardiola kerap bersikap royal untuk mendatangkan pemain yang ia inginkan.

Di Manchester City, sejumlah nama menjadi bukti kejelian sang manajer di bursa transfer seperti Aymeric Laporte, Ederson, atau Ferran Torres yang menjadi contoh terbaru.

Namun, tidak jarang pula sejumlah bintang yang didatangkan Pep Guardiola terbilang gagal karena tidak memberikan sumbangsih berarti bagi klub Liga Inggris itu.

Berikut ini 5 transfer terburuk yang pernah dilakukan Pep Guardiola di Manchester City:

5. John Stones

© INDOSPORT
John Stones dan Pep Guardiola. Copyright: INDOSPORTJohn Stones dan Pep Guardiola.

Didatangkan dari Everton pada musim panas 2016 dengan status bek termahal kedua di dunia, John Stones pun digadang akan menjadi penerus Vincent Kompany. Di musim perdananya di Manchester City, ia langsung menjadi andalan dengan catatan 41 penampilan di semua kompetisi.

Meski demikian, performa John Stones di musim-musim berikutnya justru menurun dengan kerap membuat kesalahan di lapangan sehingga tak lagi menjadi pilihan utama khususnya pada dua musim terakhir ini, dan bahkan kalah bersaing dengan bek muda Eric Garcia.

4. Benjamin Mendy

© ESPN FC
Benjamin Mendy, bek sayap kiri Manchester City. Copyright: ESPN FCBenjamin Mendy, bek sayap kiri Manchester City.

Benjamin Mendy didatangkan ke Etihad Stadium pada musim panas 2017 dari klub Ligue 1, AS Monaco. Kesuksesannya membawa tim tersebut menjuarai Ligue 1 dan lolos ke semifinal Liga Champions membuat Guardiola terpikat.

Meski demikian, selama di Manchester City, Benjamin Mendy justru lebih kerap mengalami cedera sehingga tak pernah menunjukkan performa terbaiknya. Ia pun baru mencatatkan 62 penampilan untuk The Citizens meski kini telah memasuki musim keempatnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%