Liga Italia

Raport AC Milan Tahun 2020: Si Iblis yang Konsisten dan Haus Kemenangan

Senin, 28 Desember 2020 20:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Marco Luzzani/Getty Images
Para pemain AC Milan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sampdoria Copyright: © Marco Luzzani/Getty Images
Para pemain AC Milan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sampdoria

INDOSPORT.COM – Melihat raport penampilan para raksasa Liga Italia sepanjang tahun 2020, edisi kali ini adalah AC Milan yang mampu konsisten serta haus akan kemenangan di semua ajang. Salut!

Sepanjang tahun 2020, AC Milan di bawah arahan Stefano Pioli secara perlahan memang berhasil menemukan ritme dan gaya main yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Meski sempat keteteran di awal masa kepelatihannya, bahkan AC Milan pernah dipecundangi Atalanta hingga 5-0 di penghujung Desember 2019 lalu, namun perlahan taktik 4-2-3-1 milik Pioli bisa dimengerti para punggawa Rossoneri.

Tercatat, sejak awal Januari 2020 hingga Desember tahun ini, AC Milan sudah menjalani 32 pertandingan di Liga Italia. Hasilnya, Si Iblis Merah baru dua kali menelan kekalahan yang semuanya dirasakan pada gelaran Liga Italia musim 19/20.

Dua kekalahan itu diraih saat mereka menghadapi Inter Milan di pekan 23, 9 Februari 2020. Serta Genoa di pekan 26 pada 8 Maret 2020. Sementa sisanya, berakhir dengan kemenangan dan paling buruk adalah seri.

Bahkan di musim 20/21, AC Milan jadi satu-satunya tim dari lima kompetisi top Eropa yang belum pernah merasakan kekalahan, mengungguli sejumlah nama besar seperti Juventus, Real Madrid, Barcelona hingga Liverpool.

Di musim ini juga, AC Milan sukses menghentikan rekor buruk mereka saat bertemu rival sekota, Inter Milan. Jika dalam lima pertandingan terakhir AC Milan selalu takluk dari Inter, bahkan di empat laga sebelumnya berakhir dengan kekalahan beruntun, maka musim ini AC Milan yang jadi pemenang usai unggul 1-2 di pekan ke-4 Serie A.

Catatan mentereng AC Milan sepanjang tahun 2020, membuat mereka untuk pertama kali sejak 2011 silam berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Italia di akhir tahun.

Tak cuma di liga domestik, ketangguhan AC Milan juga dibuktikan pada level Liga Europa. Meski hanya di kompetisi level dua, namun AC Milan tampil sangat all out dengan meraih empat kemenangan dan cuma sekali kalah di babak penyisihan. Hasil tersebut pun membawa AC Milan lolos ke babak 32 besar dengan status juara grup.